Sosial & Budaya

Siswa Buat Lampu Dari Barang Bekas

Tanjung, InfoPublik-Siswa madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Tabalong membuat berbagai bentuk lampu yang menarik dari barang bekas. Kegiatan membuat kerajinan lampu dari barang bekas tersebut dilaksanakan dalam pembelajaran bidang studi Prakarya oleh siswa kelas VIII D dengan materi kerajinan dari barang bekas, Rabu (15/03).

Guru bidang studi Prakarya Helda Damayanti, S.Pd yang membimbing siswa pada saat kegiatan mengatakan, membuat lampu dari barang bekas bertujuan untuk mengembangkan kreativitas, bakat, dan daya cipta siswa dalam membuat kerajinan. ”Kerajinan membuat lampu ini diharapkan dapat menumbuh kembangkan berbagai potensi, sikap dan keterampilan,” jelasnya.

Menurut Helda kegiatan membuat lampu dari barang bekas dapat mengembangkan kreativitas dan membuat siswa lebih menghargai seni sehingga siswa memiliki keterampilan yang kreatif dan inovatif. ”Dengan seringnya membuat kerajinan, bakat yang dimiliki siswa semakin berkembang dan menghasilkan karya-karya yang bermanfaat dan inovatif,” ujarnya.

Helda menambahkan, membuat kerajinan dari barang bekas juga dapat menumbuhkembangkan sikap kewirausahaan yang dapat berguna untuk masa depan sebagai informasi dan pengalaman untuk membuat usaha.

”Mereka yang kreatif dan memiliki daya inovasi yang tinggi dapat merebut semua peluang dan kesempatan melalui kemampuan keterampilan sehingga dapat mengembangkan untuk dapat menciptakan berbagai karya yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain,” katanya.

Helda berharap, dengan kegiatan membuat lampu yang diajarkannya siswa memiliki keterampilan, sehingga dengan keterampilan yang dimiliki mampu membuat berbagai macam keterampilan yang dapat berguna untuk dirinya dimasa yang akan datang.

Salah seorang siswa Syarif Hidayatullah yang ikut pada kegiatan tersebut mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan membuat lampu tersebut. ”Dengan kegiatan ini, saya mendapat keterampilan dan keahlian baru yang bermanfaat,” katanya.

Di kegiatan siswa dibagi enam kelompok dengan membuat berbagai macam bentuk lampu di antaranya lampu dari sendok plastik bekas, dari botol bekas yang dilengkapi dengan kabel, sehingga dapat digunakan untuk menerangi ruangan. (MC Tabalong/Dyah/Eyv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: