Politik & Hukum

Kantor Pelayanan Pajak Tanjung Sosialisasikan Kepada ASN

Tanjung, InfoPublik-Untuk meningkatkan pelayanan, Direktorat Jendral Pajak Kementerian Keuangan melakukan inovasi, untuk memudahkan wajib pajak menyampaikan laporan SPT tahunan PPH orang pribadi, aplikasi e filing. Ini disosialisasikan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Tanjung, pada jajaran pejabat Aparatur Sipil Negara peserta upacara KHN di Taman Giat Kota Tanjung.

Pada kesempatan ini, Bupati Tabalong Haji Anang Syakhfiani bersama Dandim 1008 Tanjung Letkol Armed Anang Krisna dan Sekda Tabalong Haji Abdul Muthalib Sangaji, mencoba melakukan pelaporan SPT tahunan PPH orang pribadi, dengan menggunakan aplikasi e filing dan sekitar lima menit mengisi beberapa kolom di aplikasi, pelaporan pun selesai.

“Dengan melakukan pelaporan pajak SPT tahunan, PPH orang pribadi melalui e filing, wajib pajak tidak lagi harus datang dan antri di Kantor Pelayanan Pajak, di setiap batas akhir pelaporan SPT tahunan, yaitu pada 31 maret.”ungkapnya.

Inovasi yang dikeluarkan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan berupa pelayanan pelaporan SPT tahunan PPH pribad, secara online melalui e-filing, disosialisasikan kepada ratusan Aparatur Sipil Negara, Pemerintah Kabupaten Tabalong, pada upacara hari Kesadaran Nasional yang digelar pada 20 Maret.

Untuk melaporkan pajak SPT  tahunan orang pribadi wajib pajak pertama harus meiliki nomor e-fin yang bisa di didapat di kantor pelayanan pajak, kemudian melengkapi proses registrasi di portal dirjen pajak online.

Bagi wajib pajak yang menyampaikan laporan SPT tahunan PPH orang pribadi dengan menggunakan formulir 1770s dan 1770ss mengisi dan menyampaikan laporan spt-nya secara langsung pada aplikasi e-filing di Djp online.

SPT yang dapat diunggah pada loader e-spt djp online adalah SPT tahunan pph orang pribadi formulir 1770 dan formulir 1770s SPT masa PPH pasal 21-26 SPT masa pph pasal 4 ayat 2 SPT tahunan PPH badan formulir 1771 dan SPT masa PPN DAN PPnBM.

e-filing ini diluncurkan pertama kali sejak 2014, yang pada saat itu diperuntukkan bagi internal kementrian keuangan, kemudian ditahun 2015 dan 2016 e-Filing diperuntukkan bagi aparatur Negara Tni dan Polri dan pada tahun ini semua asn Tni dan Polri diwajibkan melaporkan spt tahunan PPH orang pribadi. melalui e-filing. (MC Tabalong/Mona/Eyv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: