Politik & Hukum

Penyuluhan Tata Kelola Informasi Publik Di Kabupten Tabalong

Tanjung, InfoPublik – Dinas Komunikasi dan Informatika bidang Komunikasi Publik  Kalimantan Selatan menggelar penyuluhan Kelompok Informasi Masyrakarakat (KIM) Kabupaten  kota,  bertempat  di Aula Penghulu Rasyid kabupaten Tabalong, Selasa (21/3).

Penyuluhan tersebut membahas tata kelola informasi Publik dan Pemanfaatan  Information and Communication Technologies ( ICT) sebagai wadah dalam pengelolan informasi. Sementara peserta  yang mengikuti terdiri dari kelompok informasi masyarakat Kabupaten Tabalong sebanyak 30 orang.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tabalong yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Husaini mengatakan, dengan penyuluhan ini diharapkan kepada peserta Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) agar bisa mengemban tugas serta  dapat menyebarluaskan  informasi kepada masyarakat.

”Dengan sosilisasi ini hendaknya peserta KIM ini agar bisa menyimak secara seksama , apa sebenarnya di balik KIM itu sendiri, sehingga kawan-kawan yang ditunjuk sebagai  KIM ini bisa menyampaikan dan memanfaatkan sosialisasi ini sebagai bekal pengetahuan  yang nantinya akan disampaikan kepada masyarakat sekitar, ” katanya.

Di acara yang sama , Kepala Seksi Sumber Daya Komunikasi Publik Slamet Riyadi sekaligus sebagai narasumber, mengungkapkan, kegiatan ini merupakan salah satu program prioritas dari Kominfo baik dari kemeterian pusat , pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten kota.

Kegiatan ini sudah berdasarkan NSPK (norma,standart, prosedur dan kriteria) yang memang harus dilaksanakan oleh Dinas Kominfo yang ada di Kalimantan Selatan.

Untuk Provinsi, pembinaan KIM ini  adalah dalam bentuk penyuluhan, sedangkan pembentukan dan  pembinaannya memang Kabupaten Kota, seperti Kabupaten Tabalong adalah sasaran utama untuk  dilaksanakannya  pembentukan KIM itu sendiri.

Ia juga menambahkan, bukan KIM ini saja yang dibina oleh Dinas  Kominfo, akan tetapi juga forum media komunikasi tradisional  atau lembaga pemantau media.

“Ketiga lembaga Komunikasi sosial ini lah yang merupakan mitra binaan  yang harus dibina oleh Dinas Kominfo baik itu Provinsi, maupaun Kabupaten Kota, dalam rangka memperpanjang jalur Informasi yang memang harus didesiminasikan terhadap masyarakat,” kata Slamet  Riyadi.

Adapun output yang hendak dicapai adalah bagaimana peran serta KIM itu sendiri dalam penanganan informasi di wilayahnya karena berdasarkan data yang didapat masih ada sekitar 900 dari 13 Kabupaten Kota dan Kabupaten Tabalong sendiri ada 35 Kelompok dimana dari keseluruhan masih ada yang belum terbina.(MC Tabalong/Syd/toeb)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: