Sosial & Budaya

Perhatikan Kesehatan Konsumen

Tanjung, InfoPublik – Sebagai upaya menumbuhkan kesadaran dan motivasi pengelola industri rumah tangga pangan (IRTP) tentang pentingnya pengolahan pangan yang hegienies dan tanggung jawab terhadap kesalamatan konsumen Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tabalong menggelar penyuluhan keamanan pangan dalam rangka pemberian sertifikasi produksi pangan industri rumah tangga (SPP-IRT) di Gedung Informasi Pembangunan, Rabu (29/3).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan setempat Arianto. Dia mengucapkan terimakasih kepada peserta yang berhadi dan beberapa narasumber dari BPOM Banjarmasin.

Menurutnya, kegiatan seperti ini sangat penting diselenggarakan. Pasalanya berkaitan langsung dengan kesehatan konsumen dalam mengkonsumsi makanan.

“Jadi saya minta peserta bisa mengikuti penyuluhan sampai selesai dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari,” ucapnya.

Lanjutnya mengatakan, dalam melakukan pembuatan makanan perlu dan sangat penting memperhatikan kebersihan bahan bahanya.

“Ya meskipun dari segi bahan sudah bersih atau memenuhi standar tetapi si produsen juga perlu memperhatikan tempat memperdagangkan dagangannya. Faktor lingkungan juga mempengaruhi akan kesehatan,” katanya.

Dia juga mencontohkan, ada pedagang kaki lima yang berjualan di tepi jalan. Namun selokan sekitar sangat kotor karena sampah tersebut dibuang ketempat itu.”Nah oleh karena itu jangan hanya memperhatikan bahan makanan saja tetapi lingkungan juga diperhatikan, pungkasnya. (MC Tabalong/Ir/Kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: