Sosial & Budaya

Sosialisasi Tiga Desa Terisolir Di Tabalong

Tanjung, InfoPublik- Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang Tabalong sosialisasikan program Pembangunan Infrastruktur tahun 2017 bagi 28 Kepala Desa di tiga Kecamatan wilayah Utara Tabalong, dalam sosialisasi ini, tiga desa terisolir  yang masuk dalam kawasan hutan menjadi perhatian serius Dinas PU-PR Tabalong, april mendatang Dinas PU-PR Tabalong akan mengusulkan pinjam pakai lahan, bagi sarana jalan dan jembatan ke Kementerian Kehutanan Kamis 30 Maret 2017.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tabalong sosialisasikan program pembangunan infrastruktur tahun 2017 bagi seluruh kepala desa di Kecamatan Haruai, Bintang ara dan Kecamatan Upau.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, dan Penataan Ruang Tabalong H. Muhammad Noor Rifani juga menambahkan,” apabila usulan pinjam pakai lahan diterima Kementerian, tidak menutup kemungkinan ditahun 2017 akan dibangun jalan menuju 3 desa tersebut, baik melalui dana alokasi khusus ataupun APBD perubahan.”ungkapnya.

Salah satu yang masih menjadi perhatian serius Dinas PU-PR Tabalong adalah, keterisoliran Desa Panaan, Desa Dambung Raya dan Desa Hegar Manah yang ada di Kecamatan Bintang Ara.

Sebelumnya, pada tahun 2015 lalu pemerintah Kabupaten Tabalong, bekerjasama dengan ini, telah membuat akses jalan menuju 3 desa tersebut, melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa, namun sejak 2 tahun terakhir  jalan yang telah dibangun sudah rusak parah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum  dan Penataan Ruang Tabalong,menambahkan,” program pembangunan tahun 2017 di UPT Dinas PU-PR Kecamatan Haruai, 28 Kepala Desa SeKecamatan Haruai, Bintang Ara dan Upau.”ucapnya.

Hingga saat ini, Dinas PU-PR Tabalong masih belum bisa melaksanakan kegiatan pembangunan jalan dan jembatan penghubung bagi 3 desa tersebut, hal ini dikarenakan, ketiga desa itu masuk dalam kawasan hutan, dan untuk menggunakan kawasan harus ada rekomendasi pinjam pakai lahan dari Kementerian Kehutanan.

Menyikapi hal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Tabalong berencana akan mengusulkan dengan Kementerian Kehutanan terkait pinjam pakai lahan bagi sarana jalan dan jembatan.

Dalam sosialisasi yang digelar di UPT Dinas PU-PR Kecamatan Haruai turut dihadiri, Camat Haruai Haji Dalwadi, Camat Bintang Ara Jumairi, Camat Upau Abdul Halim, Kapolsek Upau dan Haruai.( MC Tabalong/Rais/Eyv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: