Sosial & Budaya

Pencanangan Tanam Jagung Hibrida

Tanjung, InfoPublik – Untuk terus meningkatkan swasembada pangan di Kabupaten Tabalong, Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani mencanangkan tanam perdana jagung hibrida dengan target  seluas 500 hektar, di Kecamatan Bintang Ara.

Pencanangan tanam perdana jagung ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pendapatan petani, sekaligus untuk mewujudkan kemandirian pangan nasional yang dicanangkan pemerintah pusat, khususnya swasembada jagung.

Untuk di Kabupaten Tabalong, target luasan penanaman jagung  seluas 500 hektar, dengan dana bantuan dari APBN sebagai upaya meningkatkan pendapatan petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong H. Johan Noor Efendi mengungkapkan, guna pengembangan tanaman jagung hibrida, sejumlah kelompok tani mendapatkan bantuan benih sesuai kebutuhan dan luas lahan.

“Total luas lahan untuk pengembangan jagung hibrida mencapai 500 hektar di KecamatanBintang Araseluas 25 hektar,” jelasnya.

Adapun jumlah bantuan benih yang disalurkan ke masing-masing kelompok tani bervariasi antara 150 kilogram hingga 1.110 kilogram tersebar di Kecamatan Bintang Ara, Tanta, MuaraUya, Jaro, dan Tanjung.

Menurut Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, Pemerintah Kabupaten Tabalong terus mendukung petani di Kabupaten Tabalong untuk meningkatkan pendapatan para petani dengan cara membantu pemasaran hasil pertanian.

Ia juga mengharapkan kepada para penyuluh pertanian, agar selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada para petani untuk terus meningkatkan pertanian terutama jagung.

Pecanangan tanam perdana jagung di Kabupaten Tabalong ini ditandai dengan penyerahan 3,6 ton benih jagung hibrida kepada tujuh kelompok tani se-Kecamatan Bintang Ara, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Tabalong di Balai Penyuluh Pertanian Bintang Ara.

Diharapkan dari peningkatan perluasan tanam perdana jagung ini, dapat meningkatkan pendapatan petani, dengan mengembangkan berbagai komoditi lain seperti jagung dan kedelai serta berbagai jenis tanaman Hortikultura lainnya. (MC Tabalong)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: