Sosial & Budaya

Tingkatkan Produktivitas Padi, Desa Ampukung,Tabalong Lakukan Dua Kali Tanam

Tanjung, InfoPublik – Sawah lebak sekarang bukan menjadi hambatan dan masalah lagi  bagi para petani  Desa Ampukung Kecamatan Kelua, dengan dibantu balai penelitian pertanian lahan rawa kementerian pertanian , Dinas Pertanian Tabalong bersama TNI lakukan percepatan tanam untuk periode  Bulan April sampai  dengan September 2017 nanti.

Percepatan tanam ini merupakan upaya dua kali tanam di sawah lebak guna meningkatkan produktivitas dan luas tambah tanam padi di Kabupaten Tabalong .Rabu (2/5).

Inilah saatnya para petani bersama Dinas Pertanian Tabalong dibantu 17 orang anggota Koramil 06 Kelua lakukan tanam padi di sawah lebak Desa Ampukung dengan lahan seluas satu hektar, dimana,  ini merupakan salah satu program demplot padi dinas Pertanian Kabupaten Tabalong.

Disamping itu juga sawah lebak dangkal yang biasa disebut Waton satu ini nantinya akan ditanami padi jenis Mikongga dengan sistem Jajar Legowo.Selain itu juga untuk mencegah air masuk Dinas Pertanian Tabalong membuat tanggul disekeliling petak sawah.

Kepala Dinas Pertanian Tabalong, H. Johan Noor Effendi mengungkapkan, percepatan tanam ini merupakan salah satu upaya untuk mendukung gerakan dua kali tanam di Tabalong. “Ini nantinya berguna untuk meningkatkan produktivitas dan luas tambah tanam padi di Tabalong,”Ujarnya.

Danramil 06 Kelua ,Kapten Infanteri Fendri berharap, “Dengan percepatan tanam padi dapat meningkatkan produktivitas panen guna membantu peningkatan swasembada pangan di Indonesia.,” katanya.

Sementara itu melihat potensialnya lahan yang ada Desa Ampukung, Kepala Balitra Kementerian Pertanian, Herman Subagio mengatakan selain cocok untuk lahan pertanian sawah lebak di Desa Ampukung sangat cocok dijadikan lokasi agrowisata.

“Dengan lengkapnya jenis lebak yang ada di Desa Ampukung ini tidak menutup kemungkinan akan dijadikan pusat penelitian balai penelitian pertanian rawa oleh kementerian pertanian. “jelasnya. (MC Tabalong)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: