Sosial & Budaya

Desa Mangkusip Wakili Tabalong Lomba Tingkat Provinsi Kalsel

Tanjung, InfoPublik – Rangkaian pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan kembali di gelar. Untuk Kabupaten Tabalong, Desa Mangkusip salah satu perwakilan desa yang nantinya akan dinilai oleh Tim Lomba Desa Provinsi Kalsel pada tahun 2017 ini.

Lomba ini digelar dalam rangka mengevaluasi desa itu sendiri, dan bagaimana cara mengembangkan desa menjadi dinamis, mandiri juga untuk kesejahteraan masyarakatnya, Rabu (3/5).

Untuk kategori penilaiannya mencakup, keadministrasian wilayah, ekonomi, dan peran masyarakat dalam berpartisipasi, serta kelembagaannya.

Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor memberi apresiasi kepada kepala desa dan lurah diseluruh Kalimantan Selatan yang selama ini memerani posisi yang sangat penting dalam menciptakan keadaan yang rukun dan aman dan damai serta mengembangkan wilayah pedesaan yang menjadi bagian integral dalam membangun banua.

“Lomba desa dan kelurahan ini pada hakikatnya merupakan salah satu alat perekat kerukunan masyarakat melalui partipasi kerja sama dan kemandirian masyarakat dalam membangun desa dan kelurahan,” katanya.

Kegiatan ini dapat menjadi indikator sejauh mana kemajuan pembangunan yang dilaksanakan oleh masyarakat selama kurun waktu satu tahun baik dibidang ekonomi, sosial, politik, kesehatan dan pendidikan, lanjut dia dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Pemerintahan Pembangunan Provinsi kalsel, Gt Aina.

Dikesempatan yang sama, Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan Desa Mangkusip merupakan desa yang pernah menjadi juara pertama dalam tingkat kabupaten, “Maka itu dia berhak mewakili untuk ikut lomba desa di tingkat provinsi,” ujarnya.

Keberhasilan Desa Mangkusip ini melengkapi keberhasilan Kecamatan Tanta dalam empat tahun terakhir. “Kalo tahun depan kembali menjadi juara salah satu desa di Kecamatan Tanta, itu berarti selama lima tahun berturut turut dalam tiga tahun masa jabatan saya, juara lomba desa selalu diborong Kecamatan Tanta,” jelasnya lagi.

“Sekarang yang jadi pertanyaan, yang hebat siapa, walaupun camatnya sudah tiga kali ganti, dari kesemuanya itu ternyata yang paling hebat itu adalah masyarakatnya,” pungkasnya. (MC Tabalong/Syd)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: