Ekonomi & Bisnis

Kelompok Tani Karya Budidayakan Padi Organik

Tanjung, InfoPublik-Kelompok tani karya membangun Desa Kasiau Raya Manunggul Kecamatan Murung Pudak, Rabu (10/5) dalam empat tahun terakhir telah berhasil membudidayakan padi organik, beras organik yang dihasilkan pun mampu menembuh hingga angka 35 ribu rupiah per kilogram.

Sejak percobaan pertama di tahun 2013 kelompok tani karya membangun mendapatkan bantuan CSR PT Pertamina, berupa program sekolah lapang good agriculture practice yang mana para petani dibina untuk membudidayakan padi organik yang didampingi Dinas Pertanian Tabalong.

Field Manager EP Pertamina Field Tanjung Irwan Zuhri mengungkapkan, pihaknya akan memperluas cakupan program csr pertamina bahwa padi organik ini nantinya akan diarahkan untuk mendukung program gardu anam yang digalakan dinas pertanian mengingat antusias petani yang cukup tinggi untuk pembudidayaan padi organik..

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong H. Johan Noor Effendi mengatakan, “dengan biaya produksi yang rendah budidaya beras organik juga ramah lingkungaan dan memiliki harga jual tinggi. ucapnya.

Panen di musim tanam ke empat ini Bupati Tabalong H Ananag Syakhfiani mengutarakan dukungannya atas inovasi di bidang pertanian yang bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan petani.

Potensi lahan seluas 70 hektar kelompok tani ini membudidayakan padi organik dengan luasan lahan 50 hektar dari luasan tersebut mampu menghasilkan gabah kering panen sebanyak lima koma lima ton per hektar  atau sebanyak 275 ton, untuk lahan seluas 50 hektar  padi yang ditanam merupakan padi unggul lokal dengan varietas margasari yang masa tanamnya relatif singkat yaitu empat bulan.

Beras non rganik biasa dijual dengan harga 9 ribu rupiah maka harga beras organik mencapai 35 ribu rupiah perkilogram, sebelumnya beras organik yang dihasilkan untuk memenuhi permintaan dari perhotelan dan rumah saki saat ini,  beras organik manunggul telah mendapatkan sertifikasi pangan segar dari Kemetrian Pertanian hingga pemasarannya sudah dapat dilakukan secara luas. (MC Tabalong/Iin/Eyv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: