Sosial & Budaya

Pelayanan Gratis Pemasangan Kontrasepsi Implan Di Tabalong

Tanjung, InfoPublk-Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak pengendalian penduduk dan KB bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Tabalong dan BKKBN Provinsi Kalsel, memberikan pelayanan gratis berupa pemasangan kontrasepsi implan dan pemeriksaan kanker mulut rahim dengan metode iva pelayanan ini disambut antusias Kader PKK dan masyarakat di Aula PKK Pembataan Tanjung.

Pelayanan gratis bongkar pasang kontrasepsi implant dan pemeriksaan iva atau inspeksi visual dengan asam asetat, ini merupakan tindakan lanjutan dalam memperingati hari kartini nasional yang diselenggarakan di Banjarbaru  pada 20 april lalu.

Kepala Dinas P3AP2KB H. Hormansyah mengatakan,”Pelayanan gratis ini diikuti sekitar 160 lebih warga dan kader PKK seKabupaten Tabalong, untuk melakukan pemeriksaan kanker mulut rahim jumlah peserta terus bertambah hingga pemeriksaan selesai.”ungkapnya.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak pengendalian penduduk dan KB bekerjasama dengan BKKBN Provinsi Kalsel menyediakan tenaga medis dan perlengkapan palayanan.

Ketua tim penggerak PKK Hj Syarifah Syifa mengatakan ,”kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri sedini mungkin saat ini sudah tergolong cukup tinggi.”ucapnya

Bahwa jika ada temuan kader pkk yang positif terserang kanker serviks atau kanker mulut rahim pihaknya akan memberikan tindak lanjut pengobatan,”tambahnya.Pelayanan bongkar pasang kontrasepsi implan diikuti sebnyak lebih dari 60 kader PKK seKabupaten Tabalong.

Di Indonesia kanker mulut rahim atau kanker serviks sendiri menjadi pembunuh nomor satu diantara jenis kanker lainnya, pencegahan dini kanker mulut rahim melalui pendeteksian yang dilakukan secara berkala bisa mengurangi risiko kematian penderita kanker serviks. (MC Tabalong/Iin/Eyv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: