Sosial & Budaya

Pawai Ta’aruf Sambut Ramadhan

 

Tanjung, InfoPublik – Ratusan warga Kabupaten Tabalong menyambut ramadhan dengan mengikuti pawai mengelilingi jalan-jalan perkotaan daerah tersebut, Jumat (26/5) kemarin. Acara yang mereka ikuti adalah Pawai Ta’aruf Ramadan gelaran Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong.

Sebagai alat peraga menarik ditampilkan seluruh peserta pawai. Diantaranya mereka membawa Rayah dan Liwa atau bendera hitam dan putih bertuliskan syahadad yang disebut sebagai bendera Nabi SAW. Selain itu, Alquran raksasa, penampakan iblis, serta ustad dan ustadzah.

Semuanya penampilan itu dipamerkan dengan berjalan kaki. Sehingga, mereka menjadi pusat perhatian para warga kabupaten berjuluk Bumi Saraba Kawa. Tidak sekedar menonton, tapi juga mengabadikannya dengan memoto.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tabalong H Darwin Awi, Sekretaris Daerah (Sekda) H Abdul Mutalib Sangaji, serta perwakilan Polres Tabalong dan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) turut menyaksikan, sekaligus melepas perjalanan Ta’aruf Ramadan.

Bupati menyebutkan, acara setiap tahun menyambut Ramadan itu sebagai rasa sukur dan suka cita. “Kita ketahui bulan suci Ramadan setiap kegiatan ibadah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah. Bulan ini juga bulan penuh ampunan,” ujarnya.

Meski Ta’aruf Ramadhan juga dilaksanakan di daerah lain, namun ditegaskannya, acara menyambut Ramadhan adalah tradisi warga Tabalong, sehingga sudah sebaiknya dimeriahkan.

Guna memotivasi peserta, Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong menyediakan hadiah bagi penampilan terbaik. “Kepada peserta yang juara saya ucapkan selamat, sedangkan bagi peserta yang gagal, saya ucapkan terima kasih,” ucap Bupati.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, H Sumariyanto mengatakan, pawai tersebut bermaksud melestarikan, memelihara dan memanfaatkan nilai, serta budaya memeriahkan Ramadan.

“Tujuannya menjalin silaturahmi, memicu kreativitas masyarakat dalam merangkai simbol-simbol Islam,” ujarnya.

Ia menjelaskan, ratusan peserta itu berasal dari kalangan pelajar SMP hingga SMA sederajat, sanggar seni, komonitas seni dan remaja masjid.

“Pemenang hadiah ini dipilih lima pemenang. Hadiah yang diperebutkan berjumlah Rp14.500.000,” katanya. (MC Tabalong)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: