Ekonomi & Bisnis

Kabupaten Tabalong Raih WTP

Tanjung, InfoPublik – Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut Pemkab Tabalong berhasil meraih  penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah  daerah tahun 2016. Predikat WTP hasil pemeriksaan keuangan tahun 2016 diserahkan ketua BPK perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Didi Budi Satrio kepada Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani dan Ketua  DPRD H. Darwin Awie,  di Aula Pertemuan BPK RI Banjarbaru, Senin (5/6).

Ketua DPRD Tabalong H Darwin Awi menyampaikan pidato sebagai perwakilan ketua dewan kabupaten kota di Kalsel mengatakan, opini WTP merupakan bukti bahwa antara legislatif dan eksekutif di daerah tersebut sangat harmonis  dan juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Keberhasilan Tabalong kembali meraih opini WTP merupakan  bukti diakuinya bumi sarabakawa dalam tata kelola keuangan daerah yang baik.

Sebagaimana diketahui  bahwa opini WTP adalah hasil audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang menyatakan bahwa pengelolaan keuangan pemerintah sudah berprinsip akuntansi yang baik.

Ketua BPK perwakilan Provinsi Kalsel mengatakan pemberian opini WTP kepada Kabupaten kota, karena dinilai dalam pengelolaan keuangan telah sesuai dan berdasarkan pada empat criteria.

Keempat criteria tersebut, meliputi kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.

Opini WTP selain bentuk  pertanggungjawaban kepada masyarakat  dengan opini WTP  Kementerian Keuangan, juga memberikan penghargaan yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah kepada entitas yang berhasil meraih  opini WTP. (MC Tabalong/Halim/toeb)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: