Ekonomi & Bisnis

TP PKK Provinsi Kalsel Gelar Safari Ramadhan di Kabupaten Tabalong

Tanjung, InfoPublik – Memanfaatkan momentum safari Ramadhan 1438 H, TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan  bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Tabalong menggelar beragam kegiatan bakti sosial, yang dilaksanakan di Taman Kota Tanjung, Kabupaten Tabalong  Rabu (7/6).

Kegiatan tersebut mulai dari menggelar pasar murah, pembagian sembako kepada masyarakat yang kurang mampu dengan tujuan agar lebih memaknai saling berbagi, dan membantu serta meningkatkan kepedulian sosial bagi saudara yang membutuhkan.

Kegiatan Safari Ramadhan kali ini dihadiri oleh  Dinas Perdagangan, Dinas Sosial, Bank Kalsel, Dharma Wanita Persatuan, Gatriwara Tabalong, dan GOW Kabupaten Tabalong ,TP PKK Tabalong, TP PKK Provinsi Kalsel ,serta anggota PKK dan kelompok masyarakat.

Menurut Ketua TP PKK Provinsi Kalsel dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh wakil ketua III PKK Provinsi Kalsel Hj. Hardianti Arifin Noor, mengatakan  Safari Ramadhan  ini merupakan kegiatan yang  keenam kalinya dilaksanakan  di Kabupaten Tabalong, di 13 Kabupaten Kota yang sudah dimulai sejak hari kedua Ramadhan.

“Tidak  hanya untuk silahturahmi dan pasar murah saja, nantinya juga akan membagikan sembako secara gratis kepada masyarakat sesuai sasaran dan kriteria yang ditetapkan, tentunya warga kurang mampu,” katanya.

Dia juga mengimbau serta mengajak kepada elemen yang berkecukupan lebih agar bisa bersama sama ambil bagian dalam  membantu mereka yang kekurangan serta mendorong mereka untuk bisa mandiri serta menebarkan kesetia kawanan dilingkungannya.

Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong   Hj Syarifah Syifa, diwakili oleh Wakil Ketua PKK Kabupaten Tabalong Hj Harlinda Sangadji, mengatakan budaya masyarakat di bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri kebutuhan pokok biasanya tergolong lebih konsumtif dibandingkan dengan bulan lainnya.

Hal tersebut kebanyakan dimanfaatkan oleh segelintir spektulan yang mengakibatkan kenaikan harga pangan dipasar.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Provinsi Kalsel yang sudah menyelenggarakan pasar murah di kabupaten Tabalong, “Saya yakin pasar murah ini akan membantu masyarakat yang membutuhakn sebagai langkah awal   preventif melawan spekulan yangg menaikan harga,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Birhasani menuturkan, gelaran  pasar murah ini sebagai salah satu  antisipasi jauh sebelum Ramadhan, jangan sampai dikatakan orang seperti pemadam kebakaran, begitu terjadi harga naik, baru diadakan pasar murah.

“Kita jauh sebelum harga naik sudah direncanakan adanya pasar murah, oleh sebab itu terasa sekarang harga terkendali dan sangat stabil sekali untuk Kalsel,” katanya.

Bahkan Dirjen Perdagangan Dalam Negeri berkomentar bahwa untuk Kalsel sudah stabil untuk harga, bahkan  komoditi secara nasional Kalsel lebih murah kecuali bawang putih merata di semua Kabupaten Kota yang jadi masalah.

Tapi sekarang bawang putih sudah banyak karena adanya kiriman dari Cina dan India. Dan harga pun sudah mulai turun, dulu dari Rp45.000 – Rp.55.000 menjadi Rp40.000 -Rp50.000. (MC Tabalong/Sy/toeb)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: