Sosial & Budaya

Kerukunan Keluarga Tabalong Buka Bersama di Banjarmasin

Tanjung, InfoPublik – Tak kurang dari seribu orang warga perantauan asal Kabupaten Tabalong yang kini ada di Banjarmasin, Martapura, Banjarbaru dan sekitarnya hadir di acara silaturahmi berbalut buka puasa bersama yang dilaksanakan Kerukunan Keluarga Tabalong (KKT), Senin (19/6) di Banjarmasin.

Kegiatan ini dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tabalong, pejabat pemkab, serta tokoh masyarakat. Diantaranya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Banjarmasin, KH Murjani Sani, lalu ulama Banjarmasin asal Tabalong, Chairani Ideris, dan Ketua KKT Banjarmasin Hasrudin H Hasbullah.

Dalam kesempatan itu Bupati Anang Syakhfiani meminta warga perantauan agar bisa menyumbangkan pemikirannya terhadap pembangunan daerah, termasuk menyampaikan apa yang sudah dilakukan dalam empat tahun sebagai bupati, termasuk rencana kebijakannya dalam pembangunan.

“Saya kembali mohon sumbangan pemikiran terhadap pembangunan daerah. Juga apa yang harus kita lakukan untuk masa depan Tabalong yang sama-sama kita cintai,” kata bupati.

Dipaparkan, kesejahteraan masyarakat Tabalong makin meningkat, seiring masih bertenggernya indek pembangunan manusia (IPM) dan angka harapan hidup diposisi tiga se Kalimantan Selatan.

Begitupula disampaikan pembangunan yang merata di seluruh Tabalong. Pembangunan fasilitas publik di perkotaan maupun pedesaan, seperti pembangunan dan perbaikan jalan serta jembatan, pembenahan pasar-pasar, salah satu yang sudah dipulihkan kondisi adalah Pasar Mabuun.

Pengembangan dunia pendidikan juga dibeberkan. Diantaranya, sudah terbentuknya STIT Tabalong. Direncanakan dibangun akademi komunitas, serta rencananya untuk menjadikan STIA Tabalong menjadi universitas.

Bupati Anang turut menyampaikan keinginan untuk mewujudkan Tabalong sebagai pintu gerbangnya Kalimantan Selatan. Dimana posisi strategis daerahnya yang berada di tengah diantara Kalsel, Kalteng dan Kaltim. Terlebih akan dioperasikannya Bandara Warukin dan bakal adanya stasiun kereta api pada 2020.

“Tujuan utama pembangunan adalah untuk daerah dan kesejahteraan masyarakat. Semuanya butuh kebersamaan dalam membangun, maka itu dikesempatan ini kembali saya memohon warga perantauan juga turut menyumbangkan pemikirannya untuk pembangunan Tabalong,” harap bupati.

Ketua KKT Hasruddin H Hasbullah mengatakan kegiatan KKT ini merupakan wadah berkumpul warga perantauan asal Tabalong di Banjarmasin dan sekitarnya.

“Melalui kegiatan ini tentunya kita berharap terjadinya kebersamaan masyarakat Tabalong untuk bisa turut andil dalam membangun daerah asalnya,” terangnya. (MC Tabalong/Ir)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: