Sosial & Budaya

Sinergikan E-Government Dalam Satu Aplikasi

TANJUNG – Semua aplikasi dan sistem informasi yang ada di seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) akan disinergikan, serta diintegritaskan oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik Kabupaten Tabalong. Hal itu diketahui dari sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) No 09 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan E Government Pemerintahan Kabupaten Tabalong oleh di Aula Bappeda Tabalong, Senin (12/6) kemarin. Agar perjalanan program tersebut lancar, selanjutnya akan dibentuk tim khusus.

Menariknya, jika ada SKPD yang menolak dan melanggar ketentuan ini, maka bisa dikenakan sanksi dan teguran langsung oleh Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani, sebagai bunti Perbup tersebut.

Dalam sosialisasi sendiri, ada sebanyak 12 SKPD dan tiga kecamatan diundang untuk mendapatkan informasi itu. Sebagaimana penjelasan Pelaksanan Tugas (PLt) Kepala Bidang Statistik dan Persandian pada Diskominfo) Kabupaten Tabalong Eddy Suriyani, dapat memberikan pemahaman pentingnya program.

“Sehingga tidak ada lagi aplikasi lain di SKPD kecuali aplikasi E – Government ini saja. Jadinya semuanya terpusat di Diskominfo,” ujarnya.

Ia menjelaskan,E Government seperti ini akan memunculkan rencana aksi dalam pelaksanaan sesuai blue print pengembangan secara spesifik, terukur dan realistis, berdasarkan tugas dan pokok masing masing SKPD di lingkup Pemkab Tabalong.

“Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Tabalong merupakan leading sektor dalam pengembangan IT (informasi dan teknologi) di Kabupaten Tabalong,” katanya.

Ditambahkannya, kepada seluruh SKPD bisa memunculkan kesamaan persepsi tentang tugas dan pokoknya, serta memahami secara utuh adanya Perbup baru itu. (ibn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: