Sosial & Budaya

Tiga Organisasi Wanita Safari Bersama

TANJUNG – Sejumlah anak-anak yatim piatu dan para warga lanjut usia (Lansia) Desa Sei Pimping Kecamatan Tanjung terlihat sumringah, saat keluar dari Langgar Al Mukaromah di desanya, Selasa (13/6) kemarin. Perasaan itu karena mereka menerima santuan dan bantuan bahan makanan pokok dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tabalong, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tabalong dan Gabungan Istri Wakil Rakyat (Gatriwara) Kabupaten Tabalong.

Pemberian tersebut merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Safari Ramadan bersama yang dijadwalkan mengelilingi seluruh kecamatan di Tabalong. Setidaknya ada 12 desa di 12 kecamatan sasarannya.

“Senang diberi sarung sama uang dari ibu-ibu,” kata Haris, salah seorang anak yatim piatu ketika diwawancarai, Radar Banjarmasin.

Sampai saat ini, sudah delapan lokasi yang dikunjungi. Sedangkan sisanya sudah dijadwalkan. Setidaknya untuk Selasa (13/6) kemarin, selain Desa Sei Pimping,  ada juga di Desa Sungai Buluh Kecamatan Kelua mendapatkan gilirannya.

Kesempatan bersama warga, dengan mengambil tempat pertemuan di masjid dan langgar desa tersebut, dimanfaatkan ketiga organisasi wanita itu sekedar untuk bersilaturahmi. Namun, juga menebar kebaikan di bulan Ramadan, yang penuh berkah.

Selain menyantuni anak-anak yatim piatu dan memberikan bantuan kepada para Lansia miskin, juga digelar pasar murah serta menjual pakaian bekas dengan harga sangat murah kepada warga masyarakat umum lainnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa mengatakan ada sebanyak 125 paket bahan pokok yang diserahkan ke warga secara percuma. Ketentuan pembagian dengan kupon.

“Pembagian bahan pokok ini anya bagi yang terdaftar, yang sudah punya kartu hijau, jumlahnya 125 orang,” ujarnya.

Pola pembagian kartu dilakukan dengan bekerjasama dengan jajaran kecamatan dan pemerintahan desa setempat. Sebelumnya, penjaringan warga Lansia miskin terlebih dulu, sehingga program tepat sasaran.

Terkait pemberian santuan ke anak yatim, diharapkannya bisa dimanfaatkan. “Nilainya mungkin tidak seberapa. Ini tali kasih kami, bentuk kasih sayang kami kepada anak-anak yatim yang ada di desa ini,’ ujarnya.

Semua rangkaian kegiatan safari ramadan tersebut berjalan lancar dan aman. Menariknya, masyarakat sangat antusias menghadirinya. Paling tidak untuk membeli di pasar murah dan obral baju bekas. (ibn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: