Sosial & Budaya

Pemilihan Kepala Desa Masingai Antar Waktu

Tanjung, InfoPublik – Untuk mengisi kekosongan jabatan yang ditinggalkan Kepala Desa Masingai dua karena mengudurkan diri,  Desa Masingai dua menggelar pemilihan kepala desa antar waktu berdasarkan musyawarah mufakat  yang diselenggarakan di halaman Kantor Desa Masingai dua.

Pelaksanaan pilkades antar waktu berbeda dengan pilkades serentak  kali ini  yang memilih sebanyak 112  perwakilan dari berbagai elemen masyarakat, tokoh masyarakat, tokoh agama dan katua Rt Desa Masingai dua sedangkan pada pilkades serentak pemilihnya seluruh warga.

Kabid Pemerintahan Desa BPMPD Kabupaten Tabalong H Adian Noor mengatakan, pilkades penggantian antar waktu ini merupakan yang pertama di Desa Masingai dua bahkan mungkin di Kabupaten Tabalong, sangat jarang Kepala Desa mengajukan pengunduran diri kecuali meninggal atau sakit.

Ditegaskan Camat Upau Halim, karena sesuai dengan amanah peraturan pemerintah 110 tahun 2016 pasal 32 h, bahwa Kepala Desa yang lalai dengan kewajibannya nantinya digantikan dan akan dipilih kembali melalui musyawarah desa, hal ini mengatur tentang badan permusyawaratan desa.

Pilkades antar waktu Desa Masingai dua diikuti tiga calon, yaitu  Haryo Hendradi, Sabar Susilo, dan Sudarmono.

Pengisian kekosangan jabatan Kepala Desa dapat dilakukan secara aklamasi atau kesepakatan bersama, akan tetapi setelah melalui berbagai pertimbangan di laksanakan pemilihan kepala desa antar waktu dengan melakukan pemungutan suara. (MC Tabalong/Norman/toeb)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: