Sosial & Budaya

211 orang ikuti Operation Prepare Program PT. SaptaIndra Sejati

Tanjung, InfoPublik – Dalam rangka mendukung program pemerintah daerah, tentang peningkatan kualitas sumber daya manusia yang terampil dan produktif, serta komitmen Managemen PT. SaptaIndra Sejati untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di sekitar perusahaan, sebanyak 211 orang putra daerah yang berada di wilayah perusahaan yakni Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan dan Kabupaten Bartim, berhasil lulus seleksi untuk mengikuti Program Operation Preparation Program (OPP).

Acara pembukaan program Operation Preparation Program (OPP) ini digelar di Gedung Sarabakawa, Selasa (11/7). Dihadiri Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani, Senior Project Manager PT. SIS, Ahmad Rony, Section Head HCS PT. SIS Kuncoro Endro Wardoyo, unsur Muspika Kabupaten Tabalong, Pimpinan Adaro, peserta OPP serta orang tua/wali.

Dalam sambutannya,  Senior Project Manager PT. SIS, Ahmad Rony menyampaikan, kegiatan OPP ini dimulai sejak tahun 2008, tetapi stop pada tahun 2012 dikarenakan kondisi pertambangan yang kurang baik.

“Hasil peserta OPP dari tahun 2008 sampai 2012 sebanyak 800 orang yang sebagian besar bekerja di PT. SIS, sebagian lagi ada yang bekerja di perusahaan tambang lain,” papar Rony.

“Untuk tahun 2017 ini peminat dari tiga kabupaten yakni Tabalong, Balangan dan Bartim hampir berjumlah seribu orang, dan hanya diterima sebanyak 211 orang, mengundurkan satu orang dari Tabalong menjadi 210 orang,” jelasnya lagi.

Peserta OPP ini nantinya akan mengikuti Pendidikan dan Pelatihan.

“Peserta akan dilatih kedisiplinan selama satu minggu di Kodim 1008 Tanjung, dan peserta akan dididik untuk membawa dump truck dan alat berat selama kurang lebih enam bulan dan apabila jam terbang sudah cukup baru siap dilepas ke lapangan,” jelasnya

“Peserta akan dididik sehingga menjadi tenaga operator yang profesional, karena melihat pengalaman, lulusan OPP dari PT. SIS akan sangat mudah bekerja diperusahaan-perusahaan tambang,” ujarnya lagi.

Ia juga menyampaikan, PT. SIS berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam menyerap dan mengembangkan tenaga kerja yang ada dilokasi sekitar tambang.

Bupati Tabalong H. Anang Syakhfiani dalam sambutannya menganggap penting acara pembukaan OPP ini, karena tiga tahun lalu, saat pertama kali di masa kepemimpinannya telah menyikapi makin tingginya tuntutan warga masyarakat Tabalong untuk dapat bekerja di perusahaan-perusahaan tambang. Karenanya pemerintah daerah mempunyai program untuk melatih putra putri Tabalong di pusat pelatihan tenaga kerja.

“Waktu itu saya tawarkan kepada perusahaan-perusahaan tambang, untuk bekerjasama dalam upaya membentuk SDM putra putri Tabalong, sehingga kita punya aturan atau kriteria, yang seperti apa agar dapat diterima di perusahaan tambang di Tabalong,” papar Anang.

“Alhamdulillah, PT. SIS menanggapi hal tersebut, dan saya memberikan penghargaan dan apresiasi kepada PT SIS yang telah melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja dalam rangka program OPP ini,” katanya.

Ia juga menambahkan, bagaimana pun juga kemajuan pembangunan Kabupaten Tabalong banyak disumbang, dan banyak dikontribusi oleh kegiatan-kegiatan usaha tambang.

“Saya rasa sangat wajar apabila putra-putri Tabalong menuntut lebih banyak lagi putra-putri Tabalong  untuk bekerja di sektor tambang,” paparnya.

“Hari ini kita dapatkan satu fakta, bahwa untuk bekerja di sektor tambang, kita harus mempunyai skill atau keterampilan tertentu, dimana kegiatan hari ini adalah untuk melakukan peningkatan kualitas SDM untuk menyiapkan peserta sebagai operator alat berat yang mumpuni,” lanjutnya.

Di akhir sambutannya, ia berpesan kepada para peserta OPP untuk dapat mengikuti OPP ini dengan serius dan bertanggung jawab.

“Saya minta perhatikan ketentuan serta aturan. Tunjukan Putra-Putri Tabalong tertib dan disiplin,” ungkapnya.

“Operation Prepare Program yang dilaksanakan oleh PT. SIS ini sekaligus menepis anggapan/tudingan orang di luar, bahwa perusahaan-perusahaan tambang di Tabalong selalu mendatangkan pekerja dari luar,” tutupnya. (MC Tabalong/Ir/Kus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: