Sosial & Budaya

Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kota Banjarbaru Ke Tabalong

Tanjung, InfoPublik – Komisi II DPRD Kota Banjarbaru melakukan kunjungan kerja ke DPRD Kabupaten Tabalong, dalam rangka studi banding terkait  pajak dan retribusi pajak bumi dan bangunan (PBB) dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan atau PHTB.

Kedatangan rombongan komisi II DPRD Kota Banjarbaru ini dipimpin oleh wakil ketua DPRD Kota Banjarbaru Neni Hendriyawaty, sementara dari DPRD Kabupaten Tabalong dipimpin oleh ketua DPRD H Darwin Awi, didampingi Ketua Komisi II Aries Heryanto, besererta seluruh anggota komisi II DPRD Tabalong .

Kunjungan kerja DPRD Kota Banjarbaru ini dilakukan untuk studi banding sekaligus memperdalam informasi terkait pajak dan retribusi  pajak bumi dan bangunan serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan atau BPHTB.

Beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan ini, di antaranya perihal kendala dalam melakukan penagihan pajak bumi dan bangunan kepada masyarakat, akibatnya sebanyak Rp30 miliar rupiah pajak bumi dan bangunan di Kota Banjarbaru belum dibayar,  hal itu disebabkan banyaknya banguan yang tidak berpenghuni .

Selain itu juga dibahas mengenai peningkatan PBB dimana sebagian besar terjadi pada komplek perumahan  bangunan yang dibangun kembali melebihi bangunan asli.

Menurut aturan, masyarakat seharusnya melapor kepada pihak terkait agar dilakukan pendataan ulang untuk menetapkan besaran pajak bumi dan bangunan yang harus dibayar.

Sebagian besar masyarakat masih belum memiliki kesadaran yang tinggi untuk membayar pajak, padahal pajak yang dibayarkan oleh masyarakat dipergunakan negara untuk kepentingan umum pembangunan dan biaya penyelenggaraan negara. (MC Tabalong/Ruliy / toeb)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: