Sosial & Budaya

17 Orang Di Tabalong Derita Penyakit Kaki Gajah

Tanjung, InfoPublik – Sebanyak 17 orang penderita penyakit kaki gajah atau positif filariasis di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapat pengobatan gratis dari Dinas Kesehatan setempat sebagai upaya mengeliminasi penyakit yang disebabkan cacing filaria di dalam darah ini.

Koordinator Pengendalian Pencegahan Penyakit Tular Vektor Zoonosis Dinkes Kabupaten Tabalong M Wahyuni di Tanjung, Selasa (11/7/2017) mengatakan sasaran pengobatan gratis ini tersebar di Kecamatan Tanta dan Upau menyusul ditemukannya kasus penyakit kaki gajah di wilayah ini.

“Pemberian obat gratis berupa kombinasi DEC bagi penderita atau yang positif mikro filaria selama 12 hari berturut- turut,” jelas Wahyuni.

Selain melakukan pengobatan gratis bagi penderita penyakit kaki gajah Dinkes setempat sebelumnya melaksanakan program eliminasi penyakit ini dengan jumlah sasaran 208.526 orang.

Untuk program eliminasi penyakit kaki gajah di ‘Bumi Saraba Kawa’ ini berupa pemberian obat albendazole dan kombinasi DEC untuk warga usia 2 tahun hingga lebih dari 14 tahun.

Data di Dinas Kesehatan setempat saat ini ditemukan empat penderita baru yang positif mengidap mikro filaria atau ditemukannya cacing filaria di dalam darahnya.

Penderita masing-masing di Desa Pulau Ku`u sebanyak tiga orang dan satu penderita dari Desa Warukin Kecamatan Tanta. (MC Tabalong/Mia/Eyv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
%d blogger menyukai ini: