Sosial & Budaya

TOGA Solusi Jaga Kesehatan Masyarakat

Tanjung – Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong bersama sama Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) setempat melalui Tim Penilai Lomba langsung turun untuk memberikan penilaian serta peninjauan dalam lomba PHBS, TOGA dan Lansia, yang dilaksanakan di Desa Tanta ,Kecamatan Tanta, Selasa (13/3).

Dalam kegiatan tersebut untuk penilaian pertama yang dilakukan Tim penilai lomba yaitu terkait dengan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

”Seharusnya setiap rumah warga harus memilki TOGA, karena ini salah satu antisipasi kita sebagai obat herbal sebelum menggunakan obat medis.” kata salah satu tim Penilai Lomba Pokja IV PKK Kabupaten Tabalong , Siti Hotijah Mukhlis.

Selain itu, menurut Hotija, TOGA sendiri meliputi berbagai jenis tanaman herbal seperti Kunyit, Sirih, Jahe dan bermacam macam sayur serta buah buahan dimana semuanya itu memiliki banyak khasiat bagi kesehatan.

”Dengan lomba ini nantinya selain memberikan pembinaan juga memberikan dorongan kepada masyarakat untuk kesadarannya agar memiliki toga disetiap rumah yang berguna sebagai obat keluarga alami,” jelasnya.

Selanjutnya dalam penilaian TOGA tersebut, harusnya setiap desa minimal memiliki 50 jenis TOGA, sementara di Desa Tanta ini masih belum mencapainya,hanya ada sekitar 20-30 jenis tanaman saja.

”Tapi di desa Tanta ini cukup lumayan banyak dibandingakan desa desa sebelumnya yang lebih sedikit jumlah jenis tanamannya,” pungkasnya. (MC Tabalong/Sy).

To Top
%d blogger menyukai ini: