Sosial & Budaya

Kenalkan Seni Budaya Kepada Anak – Anak Lewat Hari Tari Sedunia

MediaCenter,Tabalong – Pagelaran pentas seni karasmin tari yang diselenggarakan oleh Perkumpulan Pusaka dan Ruang Sampul (Seni Ampun Tabalong) di Ruang Terbuka Hijau, Taman Kambang Tanjung, Mabuun ini diminati oleh banyak penari yang ada Tabalong.

Setidaknya terdapat 18 komunitas tari yang ikut ambil bagian di karasmin tari ini. Salah satu komunitas yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah kelompok tari dari Sekolah Dasar 1.5 Tanjung.

Suhaimi, Pembina tari SD 1.5 Tanjung mengatakan alasan mereka ikut ambil bagian pada acara ini karena adanya rasa ingin memperkenalakan kepada masyarkat bahwa mencintai kebudayaan daerah Tabalong bisa diajarkan sejak dini melalui seni tari.

“melalui tari kita kita bisa mengenalkan budaya tabalong dan kalimantan selatan melalui sekolah dasar” kata Suhaimi ketika ditemui disela kegiatan, Sabtu (5/5).

Kelompok Tari SD 1.5 Tanjung pada pagelaran ini membawakan tarian yang berjudul “Diyang Bepatakan”. Tarian ini berceritakan dimana kegiatan yang kerap dilakukan oleh anak-anak perempuan di Tabalong yang bermain petak umpet.

Dalam tarian yang dibawakan anak-anak dari SD 1.5 Tanjung membawakan properti yang terbuat dari karyu serta kertas yang menggambarkan suasan permainan petak umpet.

“dari propertinya sendiri juga kami gunakan warna merah,kuning, dan hijau yang secara filosopi merupakan warna yang identik dengan kalimantan selatan” pungkasnya (MCT/Gilang)

To Top
%d blogger menyukai ini: