Uncategorized

24 Aparat Kecamatan Diberi Pelatihan

MediaCenter,Tabalong – Bertempat di Aula Diskominfo Tabalong Selasa (15/5), Sebanyak 24 aparat kecamatan di Kabupaten Tabalong diberi pelatihan terkait penggunaan Sistem Informasi Manajemen Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (SIMPATEN).

Sistem Informasi yang digagas oleh diskominfo ini didasari oleh Peraturan Mentri Dalam Negeri Nomor 4 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan.

Disamping itu, SIMPATEN merupakan sebuah jawaban untuk mejadikan sebuah proses pelayanan menjadi lebih transparan dan efisien.

Hal tersebut pun ditegaskan oleh Sekretaris Dinas Kominfo dan Satatistik Kabupaten Tabalong, Husaini ketika membuka pelatihan tersebut, yang mengatakan dalam pengelolaan informasi saat ini aparat dituntut untuk menggunakan aplikasi e-government agar proses penyusunan, pelaksanaan dan penata usahaan administrasi di Kecamatan dalam mencipatakan pelayanan yang lebih efisien, efektif dan akuntable.

“maka dari itu SKPD termasuk aparat kecamtan perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang kali ini dibantu oleh diskominfo” tegas Husaini.

Dalam teknisnya, SIMPATEN yang berbasis web ini akan memudahkan masyarakat dan aparatur kecamatan dalam melakukan input hingga cetak report  layanan seperti Kartu Keluarga, Surat Pindah Keluar, Surat Izin Usaha, dan Surat Izin Mendirikan Bangunan.

SIMPATEN direncanakan akan sudah mulai establish digunakan oleh setiap kecamatan sesudahnya melaksanakan pelatihan penggunaan sistem informasi ini. (MCT/Gilang)

To Top
%d blogger menyukai ini: