Ekonomi & Bisnis

5 Kecamatan di Tabalong Berpotensi Untuk Peternakan Sapi

Tanjung, InfoPublik – Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, melakukan  Inseminasi Buatan (IB) atau Kawin Suntik sapi terhadap peternakan sapi yang ada di Kabupaten Tabalong.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, Saswoko  diwawancarai Tim Media Center Tabalong mengatakan, bahwa Kabupaten Tabalong sangat berpotensi dalam peternakan sapi.

“ Saat ini wilayah yang sangat berpotensi untuk peternakan sapi adalah Kecamatan Jaro, Muara Uya, Haruai, Bintang Ara dan Tanjung,”bebernya.

Ia juga berpesan, untuk para peternak sapi tidak perlu lagi mencari bibit pejantan unggul. Apa bila ingin mengembangbiakan ternaknya cukup menghubungi petugas IB atau Inseminator terdekat. Maka hewan ternaknya akan mendapatkan Inseminasi.

“Inseminasi buatan atau dengan istilah kawin suntik adalah pemasukan cairan semen pada sapi jantan ke dalam saluran kelamin betina dengan menggunakan alat yang biasa disebut IB GUN,” katanya. Sehingga dengan demikian sapi betina akan bunting.

Ia menambahkan, kegiatan IB disediakan semen beku berkualitas dari beberapa jenis pejantan unggul di antaranya semen sapi Brahman, Simental, PO, Limosin, dan Bali.

Semen berkualitas disimpan di dalam container storege mengunakan N2 cair dengan suhu minus196 derajat celsius yang bisa betahan selama puluhan tahun. (MC Tabalong/Mona)

To Top
%d blogger menyukai ini: