Sosial & Budaya

Sosialisasi Kesehatan Tentang Kanker dan Tumor

Tanjung, InfoPublik – Bertempat di Ruang Rapat Graha Sakata DPRD Kabupaten Tabalong, Kamis (17/5), Yayasan Kesehatan Kanker Indonesia (YKKI) gelar sosialisasi Kesehatan tentang Kanker dan Tumor yang dihadiri oleh anggota DPRD beserta Sekretariat dan juga Kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong. Kamis (17/5).

Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Darwin Awi saat membuka acara mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangat penting diikuti khususnya bagi  masyarakat Tabalong agar bisa mengerti bagaimana mendeteksi secara dini dan pencegahan terhadap penyakit kanker, dan tumor.

” Sengaja dalam undangan dihadirkan kepala Dinas Sosial dan Kepala Dinas Kesehatan ,hal tersebut bertujuan agar hal seperti ini bisa  ditindak lanjuti oleh Dinas terkait ,melalui puskesmas puskesmas yang tersebar di beberapa kecamatan dengan memprogramkan sosialisasi dalam mendeteksi dini kalau ada warga yang terkena serangan kanker.”jelas Darwin.

Ia juga menjelaskan agar program sosialisasi tersebut bisa terlaksana,dipastikan membutuhkan dana atau biaya dalam mendukung kegiatan tersebut,

“nantinya kita pertimbangkan pada perubahan anggaran ,mudahan mudahan bisa terealisasi dan warga bisa terlayani, minimal kita punya data berapa warga yang sudah terindentifikasi penyakit kanker ini”pungkasnya.

Sedangkan Penyuluhan tentang Tumor dan Kanker yang langsung di narasumberi oleh Koordinator Konsultan YKKI Kabupaten Tabalong, Depi Putra mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap pengertian kanker dan tumor, faktor pemicu terjadinya kanker dan tumor, serta mengenali gejala / deteksi awal.

Menurutnya, dengan adanya kerjasama dengan pihak pemerintah melalui Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan cakupan untuk mendata pasien lebih  lebar,banyak dan lebih inten. ” Hal ini lebih memudahkan kami dalam pendekatan kepada pasien, mengingat pasien kadang enggan dikunjungi dan malu malu “tuturnya.

Makanya saya menghimbau kepada masyarakat agar menyadari sedini mungkin akan bahaya penyakit kanker ,” Dengan sosialisasi ini nantinya kepada masyarakat akan lebih peka lagi, dan yang sudah ikut sosialisasi nantinya mengimplementasikan baik untuk pribadi maupun masyarakat sekitar agar lebih sehat lagi.”imbuhnya.

Adapun solusi dari YKKI kepada warga  yang sudah terserang penyakit kanker, Depi Putra menyarankan agar segera kerumah sakit dalam menerima bantuan medis, atau dengan alternatif herbal seperti tanaman obat temu putih yang sudah disediakan oleh YKKI yang sudah diproses berbentuk kapsul.

Sementara itu salah satu pasien yang mengidap tumor, Norhasanah asal desa pemarangan kiwa merasa senang karena sudah mendapatkan bantuan dari pemerintah maupun YKKI atas penyakit yang dialaminya.

“Saya senang sekali dengan bantuan ini walaupun masih dalam bentuk pengobatan alternatif herbal, mudah mudahan nantinya bisa dilanjutkan dengan medis yaitu operasi melalui  BPJS,”Katanya.

Diakhir acara, kepada para undangan melakukan senam Pemeriksaan Payudara Sendiri (Sadari) yang dipimpin langsung oleh Koordinator Konsultan YKKI kabupaten Tabalong hal tersebut berguna agar mengetahui dan memeriksa payudara apakah ada tanda tanda kanker atau tidak.(MCTabalong/Sy).

To Top
%d blogger menyukai ini: