Sosial & Budaya

Ramah Tamah kegiatan Muswil KeII FLKSA PSAA se Kalsel, Harapkan adanya kolaborasi Masyarakat dan Pemda dalam masalah sosial.

Tanjung,MediaCenter – Ramah Tamah sekaligus  silahturahim  yang dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial Kabupaten Tabalong bersama Forum Nasional Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak –Panti Sosial Asuhan Anak (FLKSA PSAA)  tadi malam.Senin (9/7) di Wisma Tamu Bersinar menjadikan sebuah momentum dalam memacu dan meningkatkan peran serta  lembaga  dalam masalah sosial maupun  kesejahteraan sosial terutama untuk anak khsususnya di wilayah Kabupaten Tabalong.

A. Suhari selaku Ketua Forum Nasional LKSA menyampaikan kepada para pengelola lembaga pengasuhan anak, pemerintah, dan masyarakat diproyeksikan untuk bisa berkolaborasi dalam menangani berbagai permasalahan sosial anak yang terjadi saat ini.

“Masalah sosial ini bukan sesuatu yang menyedihkan , oleh sebab itu apabila pemerintah sudah memikirkan kita, bantu mereka juga , yaitu dengan cara ,membuat kreasi salah satunya dengan membuat desa atau kampung wisata sosial.”ujarnya.

Maksudnya, Desa ataupun kampung wisata sosial nantinya  dikemas sebagai edukasi permasalahan sosial .“Masyarakat sekitarnya sendiri yang akan menjadikan wisata, mengingat di satu kampung atau desa pasti ada panti sosial, anak cacat, lansia yang dalam prakteknya itu menjadikan  pendidikan lalu akan muncul usaha usaha kreatif didalamnya, yang selanjutnya akan menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar.”tambahnya.

Dijelaskannya, contoh wisata sosial yang dikemas yakni seperti usaha tambak ikan patin, nantinya anak anak SD,TK bisa diundang untuk berkreativitas dengan bagaimana mengambil ikan patin dan membuat masakan khas ikan patin.

“Dan itu menjadi sebuah kreativitas luar biasa dan menjadikan produktivitas ekonomi  yang luar biasa juga,maka itu kita support ,jangan sampai kita hanya terima bantuan tanpa melakukan apa apa.”harap Suhari.

Sementara itu Asisten Perekonomian Dan Pembangunan Kabupaten Tabalong, Hj.Hamida Munawarah saat membacakan sambutan tertulis Bupati Tabalong mengharapkan kegiatan  ramah tamah ini agar bisa meningkatkan peran serta lembaga serta pengurus dalam hal  penanganan kesejahteraan sosial  terutama perhatian kita terhadap anak anak, mengingat  ada sebagian anak yang bernasib tidak sama seperti kita.

“Untuk itu, Pemerintah Daerah melalui dinas terkait  untuk membantu  kesejahteraan sosial tersebut terutama bagi anak yatim dan anak panti asuhan akan mendapatkan dana sebesar Rp15.000,- perhari, dan mudahan mudahan dana tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya.”imbuhnya.

Sementara itu untuk jumlah anak yang menerima,  khususnya di Kabupaten Tabalong sebanyak 434 orang dengan total dana sekitar 2,3 Milyar lebih  untuk tahun 2018,sedangkan tahun 2019 nantinya  akan bertambah lagi berjumlah 600 orang anak.

”Dengan total tersebut pastinya akan memerlukan dana besar lagi dan itu merupakan salah satu bentuk  program kegiatan Pemda Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anak.”pungkas Hamida.

Adapun acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Pengurus Forum kesejahateran anak,Kepala Dinas  Sosial Kabupaten Tabalong, Dandim, Kapolres, beserta pejabat lingkup pemKab Tabalong, dan Ketua Forum Lembaga Kejahteraan  kabupaten kota seluruh kalsel.MC Tabalong/Sy)

To Top
%d blogger menyukai ini: