Sosial & Budaya

lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (LCM B2SA) Mendorong Lebih Kreatiativitas Ibu dalam Menu Berbasis Daya Lokal

Tanjung,MediaCenter – Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Tabalong  mengadakan lomba cipta menu beragam, bergizi seimbang dan aman (LCM B2SA).

Dimana tujuan lomba tersebut untuk menumbuhkan pemahaman kepada masyarakat bahwa dalam mengkonsumsi makanan jangan hanya  tergantung pada satu jenis makanan pokok saja ,juga sekaligus untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengkonsumsi non beras dan non terigu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupatan Tabalong ,Fahrial Fuaddy pada saat kegiatan lomba berlangsung di Aula Ketahanan Pangan Kabupaten Tabalong, Selasa (10/7).

“Jadi kegiatannya ini salah satunya untuk mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat,khususnya ibu rumah tangga dalam memilih, menentukan dan menciptakan menu B2SA berbasis daya lokal, untuk memenuhi kebutuhan gizi sehari hari.”tuturnya.

Sebelumnya, lomba LCM B2SN sendiri sudah dilaksanakan setiap desa masing masing Kecamatan di Kabupaten Tabalong, dimana bagi pemenang lomba yang telah menjadi juara pertama akan diikutkan lagi pada lomba LCM B2SN tingkat Provinsi Kalimantan Selatan .”ujar Fahrial.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tabalong, Hj Syarifah Syifa ketika membuka acara lomba tersebut  mengatakan bahwa setiap individu pasti membutuhkan pangan yang berkualitas untuk dapat hidup sehat, aktif dan produktif.

“Jadi konsumsi pangan yang berkualitas itu sendiri dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi lengkap ,dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan, juga memperhatikan cita rasa,daya cerna ,daya terima dan daya beli masyarakat,yang dikenal dengan istilah pangan B2SA.’’pungkasnya.

Ia berharap melalui kegiatan lomba ini, berbagai kreasi yang ditampilkan seperti menu yang berbasis sumber daya lokal ini nantinya dapat diterapkan jadi menu keluarga sehari-hari.

Sebagai informasi lomba tersebut diikuti oleh perwakilan 12 kecamatan di Kabupaten Tabalong, dan untuk juara pertama nantinya akan diikutikan lagi di Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (LCM B2SA)  tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2018.(MC Tabalong/Mona).

To Top
%d blogger menyukai ini: