Ekonomi & Bisnis

Tahun ini Ketersedian Beras di Tabalong Aman

Tabalong, MediaCenter – Dinas Ketahanan Pangan Kabupten Tabalong, pastikan stok beras aman, di musim kemarau tahun ini. Pasalnya tahun lalu, hasil pertanian di Tabalong mengalami peningkatan.  Sehingga ketersediaan beras aman hingga saat ini.

” Kemarau tahun ini stok beras dipastikan aman,” kata Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Tabalong, Khairin belum lama ini.

Selain itu juga, musim kemarau tahun tidak berdampak negatif pada ketersediaan gabah. Karena ketersedian  gabah di Tabalong masih tercukupi. ”Itu karena hasil pertanian tahun lalu mengalami peningkatan yang signifikan,” imbuhnya

Dari data Ketahanan Pangan Tabalong produksi gabah kering giling sampai bulan Juni 2018 sebesar 86 ribu ton, atau sebanyak 54 ribu ton beras.

Sedangkan konsumsi beras masyarakat Tabalong, hanya sekitar 15 ribu ton. Oleh sebab itu beras per juni 2018 alami kenaikan sebesar 39 ribu ton.

Kenaikan beras di Tabalong, lanjutnya mengatakan, tidak terlepas dari faktor kesuksesan petani dalam memanen padi.

“Jadi musim kemarau di Kabupaten Tabalong tahun ini tidak begitu berdampak kepada pertanian. Karena kemaraunya tidak panjang. Selain itu juga hujan yang mengguyur area  persawahan maupun perkebunan juga tidak mengalami banjir. Jadi tidak mengalami masalah dan dampaknya juga tidak ada, jadi semua tetap berjalan sebagaimana mestinya dan petani pun tetap panen.,”ujarnya.(Said)

To Top
%d blogger menyukai ini: