Kesehataan

62 Warga Tabalong Melakukan Operasi Katarak Secara Gratis

MediaCenter,Tabalong – Sebanyak 62 warga tabalong melakukan operasi katarak secara gratis yang diberikan oleh CSR Adaro Indonesia bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong.

Leni Marlina selaku Head Division CSR Adaro Indonesia mengatakan bahwa program operasi katarak ini adalah program tahunan yang dilakukan oleh PT. Adaro Indonesia untuk membantu meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat di Kabupaten Tabalog, dimana terhitung sejak tahun 2003 telah berhasil mengoperasi 6064 pasien buta katarak.

Dalam operasi ini, pasien katarak akan dilakukan di dalam mobil operasi buta katarak milik Adaro Indonesia dibantu tenaga medis yang sudah bersetifikat.

“dan untuk pasiennya kami bekerjasama dengan dinas kesehatan, yang melakukan screening dan pendataan lalu kita yang mengoperasi” jelas Leni.

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Taufiqurrahman Hamdie juga menambahkan bahwa operasi buta katarak ini adalah langkah dari kabupaten Tabalong untuk mengurangi angka penderita pasien buta katarak di Tabalong.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Tabalong, Hamidah Munawarah yang membacakan sambutan Bupati Tabalong menyambut baik dengan adanya program operasi katarak secara gratis ini. Menurutnya, program ini sangat membantu penderita buta katarak di Kabupaten Tabalong.

“kedepan saya mengharpakan kegiatan ini bisa terus berlanjut dan mampu mengurangi angka kebutaan akibat katarak di kabupaten Tabalong serta mensukseskan program WHO tahun 2020 menurunkan angka buta katarak hingga 25 persen” harapnya.

Nantinya selain di Kecamatan Tanta,operasi katarak ini juga akan dilaksanakan di kecamatan Jaro. (MC Tabalong/Gilang)

 

To Top
%d blogger menyukai ini: