Politik & Hukum

Penilaian Lomba Kampung Tertib Lalulintas se-Kalimantan Selatan

MediaCenter,Tabalong – Kawasan Komplek Permata Baru II RT XIII Kelurahan Pembataan Kabupaten Tabalong terpilih mewakili Kabupaten Tabalong dalam Penilaian Lomba Kampung Tertib Lalulintas se-Kalimantan Selatan yang dilaksanakan oleh Polda Kalsel dalam rangka hari jadi Polantas ke-63 tahun 2018.

Mengangakat tema “ Kampung ” dimana kegiatan lomba ini ditujukan langsung untuk kawasan kampung atau komplek tersebut karena tertib lalu lintas itu diawali dari Pranata sosial paling rendah yakni dari Kampung,Desa, Kelurahan,Kecamatan ,Kabupaten sampai provinsi.

“Jadi lomba ini dilaksanakan karena kami ingin melihat kesadaran masyarakat akan tertib berlalu lintas itu semakin baik , dan itu harus dimulai kampung , misalkan pengendara diwajibkan memakai helm saat berkendara,dan juga mematuhi rambu rambu lalu lintas yang sudah ada.” Kata AKBP Nina Rahmi ,Selaku Kasubdit

Ditambahkannya, dengan lomba ini sebagai satu langkah polri dalam hal pendekatan lagi kepada masyarakat.” Jadi dengan adanya lomba ini dan hadirnya polri ini akan menunjukan sinergitas antara keduanya agar lebih akrab lagi,sehingga keinginan masyarakat untuk maju,tertib dan menjaga keselamatan itu sudah ada dan tertanam pada diri mereka.’jelasnya.

Adapun untuk penilaian lomba kampung Tertib Lalulintas, Kata AKBP Nina Rahma, memiliki indikator diantaranya, bagaimana tingkat partisipasi masyarakat itu sendiri terhadap kampungnya, insfratrukturnya, bagaimana tingkat ketertibannya.” Semua indikator itu sangat mempengaruhi penilaian.”lanjutnya.

Ia berharap kegiatan lomba ini akan memberikan hal positif dalam tertib berlalu lintas ,karena tertib berlalu lintas simbol peradaban,”mungkin saat ini kita hanya berpikir memakai helm, tapi itu nantinya akan membangun budaya tertib sehingga suatu saat nanti di tahun berikutnya akan menjadi sebuah budaya ,menjadi kekuatan kita ,karena tertib berlalu lintas merupakan bagian kehidupan kita agar terhindar dari kecelakaan.

Senada dengan hal itu, salah satu tokoh masyarakat komplek permata II ,H Subqi merasa bangga dan senang karena sudah terpilih mewakili Kabupaten Tabalong untuk ikut lomba Kampung Tertib Berlalu Lintas.

Diakuinya terpilihnya menjadi perwakilan komplek tertib berlalu lintas ini tidak lepas adanya kerjasama antar warga,selain itu juga ,komplek ini sebelumnya memang sudah terbina.

“ Yang penting kami sudah sudah semaksimal mungkin membina kampung ini, menang dan kalah itu urusan belakangan, yang terpenting dari kegiatan lomba ini memiliki makna tersendiri dalam hal berlalu lintas, agar kedepanannya kita bisa terhindar dari kecelakaaan,itu yang terpenting.” Kata Subqi.

Ia berharap untuk kedapnnya kampung komplek permata menjadi kampung tertib berlalu lintas dan menjadi contoh bagi kampung lainnya ,tidak hanya kabupaten Tabalong saja, bahkan kalau bisa ditingkat provinsi.” Mudahan mudahan bisa terwujud dan kampung kami bisa menjadi lebih bagus ,tambah exist lagi.”pungkasnya. (Said)

To Top
%d blogger menyukai ini: