Sosial & Budaya

Penanaman Bibit Pohon Teduh

MediaCenter,Tabalong – Penanaman Bibit Pohon Teduh yang di selenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong .Jumat ( 21/9) merupakan satu rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup yang diperingati setiap tanggal 5 juni .

Adapun kegiatan ini sebagai salah satu upaya menjadikan Kabupaten Tabalong dalam gerakan bersih dan hijau (gentasihijua).

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tabalong dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabalong ,AM Sangadji saat membuka dan dimulainya kegiatan penanaman pohon di jalan Ir.PHM Noor Depan Mesjid Mukhliin.

“Mudah mudahan dengan kegatan ini bisa mewujudkan tabalong bersih dan hijau ,dimana gerakan kegiatan ini sifatnya sosial dan sukarela.oleh sebab itu saya harapkan dalam pelaksanaaannya tetap harus semangat,gigih dan fokus , ini sebagai momentum dalam langkah awal yang sangat baik dalam pengembangan seutuhnya untuk tabalong, Katanya.

Selain itu ,mengingat Tabalong merupakan wilayah yang stratehis,luas dan memiliki kekayaaan hutan yang cukup baik. “Ini menajdikan kita sebagai andalan bagi daerah sekitar wilayah Tabalong menjadi daerah resapan air , oleh sebab itu tentunya lewat gentasihijua kedepannya lebih dapat dipertahankan lagi .” tambahnya

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tabalong, Rowie Rawatianice mengungkapkan untuk penanaman bibit pohon kali ini berjumlah 170 buah.

Dimana lokasi yang sudah di tanam seperti di sepanjang jalan Ir PHM Noor sampai perbatasan balangan mencapai 120 bibit yang sudah ditanam sisanya 50 bibit akan ditanam di Tanjung Bersinar Park.

” mudah mudahan Hari ini menanam pohon sesuai target dan bisa selesai sampai ke batas kota arah balangan, arah kaltim,dan Kalteng, meskipun nanti harus diagendakan lagi.’jelasnya.

Diakunya kegiatan ini terlaksana tidak lepas dari dukungan dari berbagai pihak diantaranya dari PT Adaro melalui CSR nya berupa pot tanaman, dari PT Pama Sendiri berupa bibit tanaman dan sisa dari pemda.

” Jadi bibit ynag kita tanam ini jenisnya tanaman peneduh, ada dua jenis yaitu bibit pohon angsana dan bibit pohon trembesi dimana fungsi dari pohon tersebut selain sebagai peneduh juga pencegah banjir ,longsor serta melwan pencemaran udara dan juga mengurangi pemanasan global.”imbuhnya.

Selain itu kata Rowie, pohon jenis ini selain banyak manfaat juga pertumbuhan tanamnya cepat keliatan ditambah dahan dan pohonnya lebih kuat .

” Selain dua bibit tanaman ini kedepannya agar bisa ditambah lagi jenisnya, lebih bervariatif lagi , seperti pohon bambu yang ditanam dipinggir sungai beefungsi untuk penguatan tebing, juga pohon rambai yang buahnya untuk dimakan oleh hewan bekantan.,mudah mudahan itu kedepannya bisa terwujud.”harapnya. (Said)

To Top
%d blogger menyukai ini: