Sosial & Budaya

Pameran Karya Seni

MediaCenter,Tabalong – Kabupaten Tabalong turut berpatisipasi dalam pameran karya seni yang digelar oleh  Dewan Kerajianan Nasional (Dekranas) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Rabu (26/9).

Dalam pameran ini, Kabupaten Tabalong memamerkan berbagai jenis kerajinan dan anyaman yang terbuat dari rotan dan bambu yang diolah menjadi beberapa barang yang tepat guna sepert tas belanja, topi, tempat tisu, dan sebagainya.

Selain itu, Kabupaten Tabalong juga menampilkan sebuah kerajianan yang memiliki nilai budaya yag sangat tinggi yaitu baju adat khas suku dayak deah yang terbuat dari kulit kayu delau yang masih ada ditemukan di daerah kecamatan Upau.

Hal – hal tersebut adalah produk – produk kerajianan yang mejadi unggulan kabupaten Tabalong, seperti yang dikatakan oleh Windi, selaku Koordinator Stand Tabalong pada pameran Kriyanusa 2018 kali ini bahwa kabupaten Tabalong ingin menunjukan hasil – hasil terbaik dari produk UMKN di Tabalong agar bisa menarik orang lain untuk berkunjung dan membelinya.

“dengan adanya pameran kriyanusa ini akan sangat membantu para pelaku UMKM khusunya para pengarajin di Tabalong agar produknya bisa dikenal lebih luas yang nantinya bisa berdampak kepada penghasilan mereka” katanya.

Hal ini sesuai dengan harapan yang dikatakan oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional, Mufidah Jusuf Kalla ketika membuka Pameran Kriyanusa 2018 ini, bahwa produk perkembangan industri kerajinan saat ini tidak bisa dipisahkan dengan ekonomi kreatif.

“Ini (industri kreatif lokal) bagus untuk meningkatkan daya saing produk kebudayaan Indonesia, sehingga produk kerajinan kita jadi produk yang diminati dan memiliki daya saing di daya saing global,” ungkap Mufidah.

Sebagai informasi tambahan, Pameran Kriyanusa tahun 2018 ini merupakan penyelenggaraan tahun ketiga dalam rangka memperingati Hari Jadi Dewan Kerajianan Nasional yang ke-38, dengan menghadirkan 313 stand kriya dan 21 stand kuliner dari seluruh Indonesia. (MC Tabalong/Gilang).

To Top
%d blogger menyukai ini: