Khas Daerah

Tradisi Wiwitan Di Desa Masingai II

MediaCenter, Tabalong – Sebagai ungkapan rasa syukur memasuki musim panen pertanian khususnya didaerah Desa Masingai II  banyak petani mengekspresikan hasil panen tersebut salah satunya dengan gelaran ritual “Wiwitan”. Wiwitan sendiri merupakan ritual persembahan tradisional khsusnya masyarakat jawa sebelum panen dilakukan, hal tersebut yang dilaksanakan oleh Kelompok Tani Rukun Tani Sentosa Baruh Bilulang Desa Masingai II Kecamatan Upau Kabupaten Tabalong,kemarin (8/9).

Maryadi selaku Ketua Kelompok Tani Rukun Tani Sentosa Baruh Bilulang Desa Masingai II mengatakan Wiwitan ini merupakan tradisi masyarakat jawa yang sudah turun temurun dilakukan oleh keluarga petani menjelang musim panen atau diawal musim panen padi.

“Jadi makna dari tradisi wiwit sejatinya adalah panjatan doa dan ungkapan syukur atas limpahan hasil panen dari Yang Maha Kuasa. Tapi dari kacamata yang berbeda, tradisi wiwit sesungguhnya juga bisa dimaknai sebagai sarana atau media terjalinnya interaksi sosial diantara para petani serta hubungan keselarasan antara petani pemilik lahan dengan alam.”katanya.

Untuk acara wiwitan ini sendiri kata Maryadi dalam setahun bisa sampai dua atau tiga kali gelaran ritual dilaksanakan mengingat kegiatan ini saling keterkaitan, selain  bersyukur juga kedepannya hasil panen berhasil terus.

Ia berharap dengan acara wiwitan ini selain untuk silahturahmi ,juga kegiatan pertanian yang berada dikawasan Tani Sentosa Baruh Bilulang Desa Masingai II lebih maju lagi kedepannya baik dari pengerjaannya, anggota buat petaninya lebih tenang serta tidak mengalami kendala.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong, H.Johan Effendi saat diwawancarai awak media mendukung sekali adanya kegiatan ini sebagai salah satu wahana sebagai acara untuk mengekspresikan rasa syukur kepada Tuhan menyambut hasil panen pertanian.

“Saya sangat menyokong penuh kegiatan wiwitan ini mudah mudahn setelah panen ini mereka melakukan kegiatan selanjutnya secara cepat baik dari pengolahan tanah ,menanam padi ataupun menanam tanaman lainnya.” Jelasnya. MC Tabalong/Said

To Top
%d blogger menyukai ini: