Sosial & Budaya

Launching Gerakan “TUNTAS” Pada Peringatan HKN Ke-54 Di Tabalong

Dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-54 , Yayasan Adaro Bangun Negeri  berikan 12 alat cetak wc bagi perwakilan kader desa yang ada di Tabalong, dimana alat tersebut di serahkan langsung Presiden Direktur PT Adaro Indonesia,  Garibaldi Boy Thohir, kepada tiga orang perwakilan kader desa pada saat launching gerakan tinggalkan BABS untuk Tabalong Sehat (Tuntas), Selasa (13/11) di Halaman Pendopo Bersinar.

Hal tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan Kabupaten Tabalong bebas buang air besar sembarangan, oleh sebab itu dengan bantuan tersebut diharapkan kader desa di Tabalong yang belum bebas BABS nantinya akan di bimbing membuat wc di desanya masing masing sehingga bebas BABS dan menjadikan salah satu penunjang dalam menjaga kesehatan.

Presiden Direktur PT Adaro Indonesia,  Garibaldi  Boy Thohir saat menghadiri acara menyambut baik atas dicanangkannnya gerakan tuntas dalam kebiasaan buang air besar sembarangan khsususnya masyarakat di Kabupaten Tabalong.

“Dengan gerakan tinggalkan BABS untuk Tabalong sehat (Tuntas) ini  selain untuk kesehatan khususnya di masyarakat Tabalong juga diharapkan bisa menjadi contoh untuk kabupaten lainnya di wilayah Kalimantan selatan. “katanya.

Lanjutnya,  ia memohon dan meminta dukungan dari Bupati,  masyarakat Tabalong agar bekerjasama dan  bertekad untuk mewujudkan Tabalong menjadi kabupaten Terbaik di Kalsel dalam bebas BABS.

” Harapan saya yang merupakan harapan bupati juga meyakini bahwa Kabupaten Tabalong akan mampu meraih Kabupaten yang bebas BABS di Tahun 2019,dan mudah mudahan menjadi Kabupaten pertama di Kalsel yang mendapat predikat kabupaten Open  Defecation Free (ODF) ,”tuturnya.

Sementara itu,  Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri,  Okty Damayanti mengatakan bantuan alat cetak wc hanya salah satu upaya agar Tabalong bebas BABS akan tetapi hal terpenting demi mewujudkan program tersebut ialah  mengubah paradigma masyarakat agar berpola hidup sehat serta dapat menjaga lingkungan dengan tidak BABS.

“Sebenarnya  bantuan alat cetak wc  ini sebagai sarana pendukung saja,  agar masyarakat  sadar tidak boleh lagi hidup tidak  sehat, buang air besar sembarangan, dan  mempunyai wc sehat dirumahnya masing masing,”bebernya.

Menurutnya lagi, gerakan tuntas ini adalah gerakan milik masyarakat  oleh karena itu dengan gerakan “Tuntas” ini menjadi keseharian masyarakat Tabalong agar tidak ada lagi seorangpun yang buang air besar sembarangan.

Sementara itu,  salah satu kader penerima bantuan, zainuddin menuturkan sebelumnya dirinya dan sebagian warga desa tempat tinggalnya masih menggunakan jamban disungai karena tidak memiliki wc.

“Alhamdulilah dengan bantuan ini menyelesaikan masalah bagi warga kami yang masih BABS disungai ,dan dengan bantuan alat cetak pembuatan wc ini berguna sekali bagi kami yang ingin memiliki wc yang sehat. “pungkasnya.

Untuk meresmikan  gerakan Tinggalkan BABS Untuk Tabalong Sehat (Tuntas)  Bupati Tabalong,  Ketua TP PKK Tabalong,  Ketua Pokja Tuntas (Sekda), Presiden Direktur PT Adaro Indonesia dan Direktur Yayasan Adaro Bangun Negeri menekan sirine secara bersama sama sebagai tanda launching gerakan Tuntas 2019 yang nantinya ditandai dengan aksi pembuatan 102 wc di 11 Kecamatan di Kabupaten Tabalong.

 

To Top
%d blogger menyukai ini: