Kesehataan

Sungai Tecemar Jadi Ladang Penyakit

MediaCenter,Tabalong – Saat ini kualitas air sungai di Tabalong berada di kategori tercemar ringan. Ini disampaikan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Tabalong, Rowi Rawatianice dalam sosialisasi kualitas air sungai menurut tingkat pencemaran dan pengaruhnya bagi kesehatan di Hotel Aston, Kamis (6/12).

Penyampaian ini berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan di enam sungai di Tabalong. “Ada beberapa lokasi yang masuk cemar sedang berdasarkan indeks kualitas air,” jelas Rowi.

Pencemaran di Sungai Tabalong sendiri disebabkan bakteri escherichia coli atau e – coli penyebab diare menyusul masih ada  warga membuang tinja (air besar) langsung ke sungai tanpa menggunakan WC.

Muhammad Solihin, Analisis Pengamanan Lingkungan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan mengatakan untuk menanggulanginya masyarakat Tabalong harus tau bagaimana agar sungai tidak tercemar, yaitu dengan jangan membuang sampah dan BAB ke sungai.

“Akibat tercemarnya air akan menimbulkan diantaranya penyakit Disentri, Amoebiasis, Diare, Kolera, saya berharap penanggulanggan terhadap pencemaran air sungai khususnya di Tabalong, masyarakat bisa menyadari diri masing-masing untuk tidak mencemari sungai” jelasnya saat diwawancarai.

Sementara itu, Staf ahli bidang ekonomi keuangan dan pembangunan Kabupaten Tabalong, Aberani Aberar yang mewakili Bupati Tabalong mengatakan perlu dilakukan upaya pencegahan dan pemulihan pencemaran air Sungai di Tabalong.

“Hal ini menandakan bahwa kualitas air sungai di wilayah kita sudah sangat kritis”katanya. (MC Tabalong/Mona).

To Top
%d blogger menyukai ini: