Khas Daerah

Haul Nafis Dibanjiri Ribuan Jamaah

MediaCenter, Tabalong – Ribuan masyarakat dari penjuru Kalimantan hadiri Haul Syekh Muhammad Nafis bin Idris Albanjary. Kegiatan tahunan ini digelar di Desa Binturu Kecamatan Kelua, Kabupaten Tabalong, Sabtu (15/12).

Pelaksanaan acara haul ulama besar sekaligus seorang pejuang pembela tanah air dari Kesultanan Banjar itu dihadiri ulama kharismatik KH Asmuni atau akrab disebut Guru Danau dan Habib Umar bin Ahmad Bafaqih.

Acara diawali pembacaan maulid habsyi, surat Yasin, tahlil, dan dzikir bersama. Selanjutnya diisi ceramah agama oleh Habib Umar dan KH Asmuni.

Bupati Tabalong, H Anang Syakhfiani memberikan apresiasi atas dukungan dan terselenggaranya kegiatan ini.

Salah satu bentuk  dukungan dari  masyarakat, banyak warung warung gratis. Yang di ditujukan untuk para penziarah.

“Saya lihat semakin tahun kegiatan Haul Syekh Muhammad Nafis bin Idris Albanjary ini semakin banyak dikunjungi. Semua itu kita bisa lihat dari jumlah warung gratis yang semakin banyak,” kata Anang.

Bahkan, tidak hanya warung yang gratis, melainkan parkir juga gratis. Insyaallah tahun depan, lanjutnya berkata, akan dilaksanakan Haul Syekh Muhammad Nafis bin Idris Albanjary dan lebih antusias lagi penziarah nya.

Habib Umar dalam ceramahnya mengajak untuk bertakwa kepada Allah SWT.  Dengan kita bertakwa kepadaNYA, lanjut kata dia, maka hidup akan terasa damai. Baik itu di dunia maupun di akhirat.

“Orang yang kaya apa bila tidak bertakwa pasti dia akan sombong dan angkuh,” katanya.

Sedangkan isi dari ceramah KH Asmuni, barang siapa yang menaati Allah dan Rasul-Nya mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi nikmat oleh Allah. “Sesorang Muslim harus menyimpan rasa cinta kepada Nabinya, “katanya. (MC Tabalong/Win)

To Top
%d blogger menyukai ini: