Khas Daerah

Ponpes Al – Madaniyah Jaro Akan Dibangun Rusun

MediaCenter,Tabalong –Pondok pesantren Al – Madaniyah Jaro dipastikan mendapatkan bantuan pembangunan rumah susun (rusun). Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman dan Pertanahan tengah mempersiapkan lahan untuk pembangunan rumah susun santri di pondok tersebut.

Sejak tahun 2017 Disperkimtan mengusulkan dua pondok pesantren untuk mendapat bantuan pembangunan rumah susun di Tabalong.

“Jadi dari dua usulan bantuan tersebut kementerian PUPR memberikan sinyal persetujuan hanya satu untuk pembangunan rusun, yakni ponpes Al-Madaniyah Jaro.” ujar Riza Anwari selaku Kepala Seksi Perencanaan Perumahan Disperkimtan Tabalong, saat diwawancarai di Mabuun, Jumat (14/12).

Kini pihaknya tengah menyiapkan lahan seluas tiga ribu meter persegi atau senilai 200 juta rupiah di tahun 2018, sedangkan untuk pengerjaannya menggunakan dana APBN yang akan dilakukan kementerian PUPR.

“Program bantuan rusun santri ini merupakan yang pertama di Tabalong, sehingga saya mengharapkan pemanfaatan rusun dapat terealisasi tahun 2020.”tambahnya.

Sementara itu rencana ini mendapat tanggapan positif oleh DPRD Kabupaten Tabalong. Anggota komisi 3 DPRD Tabalong,Sumiati mengharapkan rencana ini bisa membawa dampak positif untuk santri maupun orang tua santri, pasalnya ketersediaan rusun di ponpes dinilai dapat mengakomodir tempat tinggal santri sehingga tidak terjadi penumpukkan di satu tempat.

“Pembangunan rusun santri sendiri diperkirakan akan dilakukan pada 2019 mendatang, setelah rampung pihak kementerian akan menyerahkan rusun dimaksud kepada pihak pondok pesantren dan pemerintah daerah kabupaten Tabalong untuk dipergunakan,”kata Sumiati.

Untuk pengelola rusun ponpes, komisi 3 DPRD bersama Disperkimtan akan berkonsultasi ke ponpes dan pemerintah kota surabaya untuk menggali teknis pengelolaan rusun ponpes. (MC Tabalong/Said)

To Top
%d blogger menyukai ini: