Pemerintahan

Bupati Tabalong Inginkan PAD Terus Meningkat

MediaCenter, Tabalong – Memasuki anggaran baru. Yakni anggaran tahun 2019 Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengingatkan kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang sudah siap dari sisi perencanaan untuk sesegeranya melaksanakan proses untuk percepatan lelang proyek.

“Jangan menunggu bulan keempat, lima apalagi bulan keenam baru melaksanakan,” tegas Anang di Tanjung, Senin (31/12).

Pengalaman menunjukan, kata Anang, setiap SKPD biasanya terbelenggu dengan tradisi berbulan bulan baru melaksanakan kegiatan. Dengan demikian untuk mencapai realisasi keuangan dan realisasi fisik yang tinggi sangatlah sulit.

Imbau Anang, segera diusulkan siapa yang menjadi Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) maupun Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Dengan cara seperti ini kita bisa mengawali kegiatan 2019 dengan lebih cepat lagi,” ucap Anang.

Tahun 2019 Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik meningkat,”lebih dari Rp20 Milyar peningkatannya,”bebernya. Berarti, kata Anang, ada desa yang mendekati angka Rp2 Milyar untuk Dana Desa 2019.

Selain itu, dana yang peningktannya cukup besar juga adalah Dana Bagi Hasil (DBH),” mudah mudahan realisasinya bisa mencapai 100 persen,” harap Anang.

Dengan demikian kemampuan untuk membangun daerah di tahun 2019 akan sangat meningkat. Namun semua itu harus di sertai dengan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Saya meminta kepada seluruh kepala SKPD untuk lebih dini merancang bagaimana agar realisasi pajak dan retribusi daerah tersebut bisa lebih maksimal dibandingkan tahun sebelumnya,”imbuhnya.

Target PAD Pemerintah Kabupaten Tabalong pada tahun 2019 sebesar Rp207 Milyar. (MC Tabalong/Win)

To Top
%d blogger menyukai ini: