Politik & Hukum

KPU Tabalong Lantik Anggota PPK Tambahan dan 21 PPS PAW

MediaCenter, Tabalong – Rabu (2/1) Seluruh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota dan Kabupaten di seluruh indonesia serantak melantik dan mengukuhkan penambahan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Pergantian Antar Waktu (PAW) pada pemilu Tahun 2019.

Tak ketinggalan, KPU Kabupaten Tabalong turut melaksanakannya dengan melantik secara resmi 24 anggota PPK tambahan dan 21 PPS  PAW untuk Pileg dan Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tabalong.

Dimana penambahan tersebut sesuai surat edaran KPU RI karena adanya putusan mahkamah konstitusi tahun 2018 tentang penambahan anggota PPK dua orang dimana sebelumnya dari tiga orang menjadi lima orang yang serentak  dilaksanakan mulai tanggal 2 januari 2019.

Cicik Agus Sulistiani, anggota KPU Tabalong Divisi Sosialisasi SDM Partisipasi Masyarakat menjelaskan kegiatan hari ini untuk melantik karena ada pergantian antar waktu PPS yang naik ke PPK dan juga karena melaksanakan aturan PKPU No 36 Tentang Tata Kerja dan juga hasil Juknis dan Juklak KPU dan hasil mahkamah konsitunsi tahun 2018 tentang penambahan anggota PPK.

“ Untuk penyelenggaran pemilihan umum tahun 2019 ini memang berbeda dari tahun sebelumnya sebab pada hari ini juga kita akan melantik 21 orang anggota PAW Panitia Pemungutan Suara, “Ujar Cicik.

Untuk tugasnya sendiri, tambah Cicik diantaranya untuk  membantu KPU kabupaten dalam menyelanggarakan setiap tahapan pemilu salah satunya dalam pendataan pemilih, selain itu bertanggung jawab melaksanakan rapat pleno yang sudah secara jelas dan pasti ditetapkan dalam  rentang waktu di dalam tahapan PPKP  tahapan penyelenggaraan pemilu tahun 2019.

Adapun masa tugas anggota PPK dan PPS sendiri itu berlaku dimulai tanggal 2 januari sampai 16 juni 2019  sekitar 6 bulanan.

Bupati Tabalong yang diwakilkan Plt. AsisTen III Bidang Administrasi,Nanang Mulkani Saat menghadiri acara tersebut menyampaikan untuk anggota PPK dan PPS yang dilantik pada kali ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berat dikarenakan Pilpres tahun 2019 ini dianggap rawan.

Sebab sebagai orang yang melaksanakan tugas dan diamanahi dalam penyelanggaraan Pemilu kepada anggota yang dilantik harus benar benar mempelajari dan mematuhi aturan yang berlaku agar kita lebih aman dalam melkasankan tugas dimanapun kita berada.

“Jadi kuncinya pegang aturan ,pelajari dan kuasi aturannya.”pungkas Nanang.

Beberapa rangkaian kegiatan tersebut diantaranya Pengucapan Sumpah Janji Jabatan oleh ketua KPU Tabalong yang diikuti seluruh Anggota PPK dan PPS ,pembacaan Fakta Integritas dilanjutkan dengan penandatangan Fakta Integritas.(MC Tabalong/Sy)

To Top
%d blogger menyukai ini: