Sosial & Budaya

Angka Kemiskinan di Tabalong Menurun

MediaCenter, Tabalong – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kabupaten Tabalong menyatakan telah melakukan berbagai upaya mengurangi angka kemiskinan. Salah satunya pemberian bantuan stimulan usaha ekonomi produktif, seperti bantuan sosial yang dikelola secara berkelompok melalui kelompok usaha bersama (KUBE).

Kepala Dinsos Kabupaten Tabalong, Yunani mengklaim bantuan stimulan ini mampu menekan angka kemiskinan karena penerima manfaat makin produktif. “Alhamdullilah harapan pemerintah Kabupaten Tabalong dalam mengurangi angka kemiskinan berhasil. Dari data Dinas Sosial, yakni tahun 2017 angka kemiskinan mencapai 15.000-an jiwa, dan di tahun 2018 berkurang menjadi 13.442 orang,” kata H Yuhani saat kepada wartawan, Jumat (4/1).

Di Kabupaten Tabalong, Yunani menyebut kemiskinan paling banyak tersebar di Kecamatan Banua Lawas dan mayoritas warganya sebagian besar hanya bertani. Ia menjelaskan, sebagian program Dinsos didanai oleh Kementerian Sosial untuk warga miskin.

KUBE merupakan salah satu media pemberdayaan yang diciptakan membangun kemampuan warga atau keluarga miskin dalam memecahkan masalah guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Untuk tahun 2018, kata Yunani, ada 80 KUBE yang diberikan ke warga miskin di Tabalong.

“Jumlah bantuan sebesar Rp20 Juta per kelompok. Semua kecamatan di Kabupaten Tabalong 2018 mendapat bantuan KUBE,” ujarnya. (Win)

To Top
%d blogger menyukai ini: