Olahraga

Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji

MediaCenter, Tabalong –  Sebanyak 85 orang calon jemaah haji (calhaj) tahun 2019 asal Kecamatan Tabalong  menjalani tes kebugaran jasmani di lapangan Pendopo Bersinar Tanjung, Rabu 9 Januari 2019. Mereka diharuskan melintasi jarak tempuh sejauh 1,6 km sesuai kemampuan masing-masing.

Tes kebugaran diawali dengan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis. Kondisi fisik setiap calon haji dicek, seperti tekanan darah dan wawancara mengenai riwayat kesehatan disesuaikan buku kesehatan hasil pemeriksaan kesehatan di puskesmas.

Calon haji yang dinyatakan sehat maupun berusia muda diminta mengikuti tes kebugaran salah satunya dengan metode Rockport Walking Test, yaitu melintasi jarak tempuh sejauh 1,6 km dan dilihat waktu tempuh sesuai kemampuan fisik masing-masing dan sejumlah

Nani suryani pengelolaan program kesehatan haji puskesmas hikun mengatan para calon haji wajib  mengikuti kebugaran ini agar terlihat langsung kondisi tubuh calon jemaah haji dan nantinya ada tindak lanjut berupa program latihan yang bisa dijalani.

“Menjalani kegiatan ibadah di Tanah Suci butuh sehat dan bugar, jarak maupun kondisinya lebih dari ini makanya kesehatan kebugaran haji harus dipersiapkan dengan matang. Terutama perlu olahraga rutin, juga menerapkan perilaku sehat, tes kebugaran tahap II akan dilaksanakan pada bulan Maret mendatang,” ungkapnya.

Salah satu Dokter Umum di Puskesmas Hikun Dimas menghimbau kepada sejumlah calon jemaah haji agar selalu menjaga kesehat dan menjaga pola makan sehat agar nantinya saat melaksanakan ibadah haji berjalan dengan lancar dengan kondisi tubuh yang sehat.(Mona)

To Top
%d blogger menyukai ini: