Politik & Hukum

58 SMP se Tabalong Ikut UNBK Tahun 2019

MediaCenter, Tabalong – Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong menargetkan seluruh sekolah menengah pertama (SMP) di Tabalong melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 2019. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tabalong, Akhmad Rizali Noor menuturkan semua SMP sudah siap menggelar UNBK tahun ini.

“Tabalong tahun 2019 akan melaksanakan ujian nasional berbasis komputer, jadi tidak ada lagi SMP yang ujian nasional berbasis kertas,” kata Ahmad Rizali Noor kepada Media Center Tabalong ketika rapat bersama seluruh Kepala SMP se-Tabalong di SMP 5 Tanjung, Kamis (10/1).

Menurut dia, hal ini menjadi lonjakan drastis sekolah peserta UNBK, mengingat tahun lalu hanya 14 SMP dari 58 SMP se-Tabalong yang ikut UNBK. Untuk merealisasikan target ini, Rizali mengimbau setiap SMP yang tidak punya kelengkapan unit komputer dan sebagainya akan diarahkan bergabung ke SMA terdekat yang fasilitas komputer dan SDMnya sudah mumpuni.

“Mereka (SMP) ada sebagian yang fasilitas komputernya belum siap tetapi (sudah) siap server, mereka akan gabung ke SMA/SMK terdekat,” jasnya.

Rizali mencontohkan SMP 2 Haruai, SMP 4 Haruai, SMP 5 Haruai, SMP 6 Haruai, SMP 5 Bintang Ara, dan SMP 6 Bintang Ara yang cuma punya satu server akan bergabung ke SMA Bintang Ara yang memiliki kelengkapan komputer. Berdasarkan informasi, SMA Bintang Ara punya 27 unit komputer yang rencananya digunakan 85 siswa dari enam SMP di atas pada pelakasanaan UNBK 2019.

“Akan kami buat tiga sesi pelaksanaan ujian, jadi mencukupi saja itu,” kata Tjatur Wardani, Kepala SMP 2 Haruai. UNBK Tingkat SMP akan dilaksanakan pada 22 – 25 April 2019, dengan empat mata pelajaran: Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.(Gilang)

To Top
%d blogger menyukai ini: